Review pemakaian aki Motobatt MTZ6S di Honda (Old) CB150R

Sekitar akhir bulan Oktober atau awal bulan November 2015 lalu kalau nggak salah ingat, saia mengganti aki si ciput, Honda CB150R putih tunggangan sehari-hari. Kalau artikelnya sih bulan November 2015, disini linknya. Bulan ini, November 2017,  menginjak usia 2 tahun pemakaian aki Motobatt MTZ6S. Bagaimana review selama penggunaan dan kondisi terakhirnya??

Selama menggunakan aki ini, tidak ada kendala berarti di sektor kelistrikan. Lampu-lampu menyala terang, klakson kencang , pokoknya pasokan listrik aman sentosa. Starter elektrik pun lancar, gak ada masalah. Kalau beban kelistrikan, karena hampir nggak ada komponen tambahan macam lelampuan atau aksesoris kelistrikan lain, kecuali sepasang klakson Denso keong waterproof. Lampu depan,kembali menggunakan bohlam halogen H4 keluaran Osram berlabel nightbreaker menggantikan LED yang saia pensiunkan dini gegara masuk musim hujan lalu. Sorotan lampu putih kurang mantap menurut saia di jalan aspal basah kala hujan.

Mengukur kinerja aki, sebenarnya ada alat khusus, semacam multitester yang bernama load test battery. Pernah saia tulis di artikel ini, tentang metode pengetesan aki , termasuk cara sederhana untuk tahu kondisia aki dengan berbekal multitester saja. Cara yang saia coba di aki mobil bapak kapan hari itu, saia terapkan juga untuk mengetes aki Motobatt di ciput. Langsung aja yuk…

Pengukuran aki, dilakukan dalam 3 kondisi yaitu kondisi awal tanpa beban, dengan beban penuh kondisi mesin mati dan  beban penuh kondisi mesin nyala.Sementara patokan untuk ambang batas tegangan alias voltase aki saat diukur, merujuk pada tabel ini.

Pengukuran pada aki Motobatt saat tanpa beban, angka di multitester menunjukkan angka 12,69 volt. Mesin mati, hampir tak ada beban sama sekali karena lampu depan juga saia matikan. Tersisa lampu senja dan indikator di spidometer saja. Kalao merujuk tabel diatas sih, masih sehat nih, karena masih diatas minimal tegangan yang terindikasi kurang bagus yaitu 12,4 volt

Lanjut ke pengukuran kedua, dengan beban penuh tapi mesin tetap mati. Saia nyalakan lampu utama, sekaligus lampu jauh / hi-beam yang menyedot daya paling besar, yaitu 60 watt. Spesifikasi bohlam H4 Osram ini adalah 55/60 watt. Untuk lampu dekat 55 watt, sementara lampu jauh 60 watt. Kabel multitester tetap terpasang pada terminal aki, dan hasilnya menunjukkan angka 12,18 volt. Lumayan turun, tapi kembali merujuk tabel, masih sehat kondisi aki karena masih lebih dari 12 volt.

Pengukuran terakhir, dengan beban penuh dan mesin menyala.Masih menggunakan beban terbesar lampu jauh, hasil pengukuran menghasilkan angka 12,19 volt. Nah ini, berdasar tabel, menunjukkan kurang bagus, karena seharusnya, dengan mesin menyala yang berarti ada sistem pengisian setrum dari mesin/spul ke aki, harus diatas 13 volt.

Kondisi ini, bisa diakibatkan beberapa hal. Bisa jadi memang kondisi aki sudah menurun dan kurang bagus penyimpanan setrumnya saat diisi. Bisa pula ada anomali atau keanehan pada sistem pengisian kelistrikan. Mungkin tegangan atau arus pengisian sudah mulai menurun. Saia belum sempat mengukur sih, tegangan dan arus pengisian, karena menurut kawan mekanik, bisa didiagnosis melalui alat diagnosis injeksi Honda si HIDS. Sebabnya, bisa sepul kondisinya mulai kurang bagus, magnet melemah, atau ada masalah pada kabel body/kelistrikan. Misal sambungan konektor renggang/nge-fong atau kendor, kabel yang getas dan beberapa sebab lain.

Sementara ini sih, khusus tentang aki Motobatt OCB150R saia, dari hasil pengukuran sendiri, saia simpulkan kondisinya masih layak, karena dari 3 parameter, 2 menunjukkan hasil baik. Hanya saat mesin nyala dan beban penuh yang hasil pengukurannya dibawah standar. Kalau review secara fisik, kelistrikan nggak ada masalah karena lampu tetap terang, starter elektrik lancar dan klakson berbunyi nyaring. Kesimpulan pribadi saia, dengan usia pemakaian mencapai 2 tahun , kondisi aki Motobatt masih layak dan bagus. Nanti deh, kalau masuk tahun ketiga pemakaian, akan saia coba review ulang, seperti apa kondisi aki MF alias maintenance free ini.

Oke, sekian artikel pengujian aki Motobatt pada Honda CB150R gen 1 punya saia pribadi. Semoga berguna

Advertisements

2 comments on “Review pemakaian aki Motobatt MTZ6S di Honda (Old) CB150R

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s