Modifikasi Honda CRF150L, Supermoto, Touring hingga balap Motocross

Pagi masbro..

Kemarin Kamis, 9 November 2017, PT AHM telah resmi merilis gacoan barunya di kelas garuk tanah, yaitu Honda CRF150L. Motor jangkung dengan spesifikasi offroad ini, memang langsung menyita perhatian penikmat motor di tanah air, terutama penghobi jalan offroad. Lha gimana nggak, dengan tampilan fisik garang meski hanya ada 1 varian saja, demikian pula pilihan warna hanya 1 merah saja, sangat menggoda.

Apalagi, spesifikasi mesin berikut beberapa komponen pendukung terbilang diatas kompetitor yang sudah duluan menguasai pasar, yaitu Kawasaki KLX series. Sebut saja fitur sokbreker depan up side down , sistem pasokan BBM injeksi serta tampilan dasbor digital. Apalagi dengan penempatan harga jual yang cerdas, diatas KLX150 G (versi terendah) namun sedikit dibawah KLX150BF (tertinggi). Ajib memang.  Nah, saat rilis kemarin, dipamerkan pula beberapa hasil modifikasi dari Honda CRF150L ini. Ada yang berdesain ala supermoto, ada yang offroad tulen beserta kelengkapannya, bahkan ada pula yang ala murni balap motocross.

Honda CRF150L Supermoto, basisnya adalah perubahan pada roda. Lingkar roda yang awalnya berdiameter besar, 21″ di depan dan 18″ di belakang beserta ban dual purpose berprofil kasar berganti rupa. Velg alumunium hitam bertapak lebar dengan diameter 17″ kini mengisi bagian kaki-kaki. Dipadukan dengan ban aspal, dengan batikan halus dan ukuran besar, kayaknya sih ukuran 110/70 di depan dan 140/70 di belakang. Demikian pula penggantian piringan cakram yang jadi berdiameter besar, baik cakram depan maupun cakram belakang.

Fisik mesin ada perubahan pada warna kepala silinder. Kop mesin ini, berganti warna merah, yang terlihat mencolok, masih ditambah pula pemakaian knalpot racing bersilincer hitam. Bakal galak nih suaranya. Terpasang pula aksesoris berupa engine guard berupa sillplate yang juga berwarna hitam di bagian bawah depan mesin. Lampu depan juga berganti dengan produk aftermarket, meski belum ngeh nih produk apaan yang tertempel di kepala CRF150L ini. Demikian pula pemakaian handguard di kiri kanan setang, produk variasi terpasang manis. Diakhiri dengan striping custom , kombinasi warna hitam dan merah dengan tulisan CRF gede di area tangki. Garang tenan nih, kalau dipakai harian..

Lalu, ada juga versi modifikasi trail komplit. Saia sebut komplit karena sudah lengkap dengan berbagai perangkat pendukung untuk trabas dan berpetualang. Sebut saja pemasangan engine guard berupa rangkaian besi di sisi kanan dan kiri mesin, selain adanya sill plate di bawah mesin. Velg, masih tetap menggunakan kombinasi diameter 21″ depan dan 18″ di belakang, hanya berganti ukuran yang sedikit lebih lebar dan berwarna emas. Demikian pula roda, lazimnya motor trail, menggunakan ban dengan kembangan kasar ala ban tahu.

Pada bagian depan, diatas headlamp, terpasang windshield berwarna hitam smoke  yang akan melindungi pengendara dari terpaan angin kencang serta lontaran kerikil jalan. Demikian pula pemakaian handguard berwarna putih di kanan dan kiri setang yang melindungi tangan pengendara. Di atas tangki, terpasang tas tangki/tankbag yang cukup membawa beberapa keperluan pribadi kecil seperti gadget, dompet dan sebagainya. Sementara di bagian belakang, terpasang tas samping dan tailbagi yang lagi-lagi, dapat memuat beberapa perlengkapan sang pengendara. Misal kunci pas, baju ganti dan barang lainnya yang mendukung selama perjalanan. Cocok buat turing nih…

Terakhir, adalah CRF150L bergaya balap motocross. Ini nih motor yang sering banget wira-wiri di jagad blogsphere dan dunia maya sebelum Honda CRF150L resmi dirilis AHM. Tampilan balap murni motocross. Paling kentara adalah dilepasnya lampu depan yang berganti dengan papan nomor start berbahan plastik/fiberglass. Demikian pula lampu belakang beserta sein depan-belakang dan spion, semua dicopot. Toh, kalau balap di lintasan, nggak diperlukan kok. Grafis, masih dominasi warna merah khas Honda, dengan beberapa striping garis serta penambahan angka/nomor start di bodi belakang serta bagian depan.  Velg tetap menggunakan kombinasi 21-18 di roda depan-belakang, hanya warna dan merknya berubah jadi hitam. Ban juga sama, masih gunakan ban pacul. Ya iyalah, lha wong balap di lintasan non aspal.

Sisi mesin, sepertinya mendapat beberapa ubahan, menyesuaikan lintasan. Yang biasanya diutak-atik, penggantan knalpot racing, pengapian-koil-busi. Eh iya, kepala silinder juga berwarna merah nih, mirip 2 versi modifikasi diatas juga. Jadi penasaran nih, kayak apa tampang aslinya ya? Semoga saja, kesampaian ketemu dan merasakan langsung si CRF150L ini. Ada yang kepingin modifikasi kayak gini? Tunggu motornya dikirim dulu ya masbro, hehehehe..

Semoga berguna

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s