Curhat Pemilik Yamaha All New Soul GT 125, mesin berisik dibilang normal

Pagi masbro..

Ada teman komunitas, 2 hari yang lalu curhat, via japri. Karena kebutuhan kerjaan, 20 Januari 2017  lalu, beliau menebus gres, Yamaha All New Soul GT 125 AKS SSS di salah satu dealer di Jakarta sono. Biasanya sih wira-wiri pake motor sport, karena kerjaan yang rada susah pake motor batangan, beli deh matic. Sekalian biar istrinya bisa pakai juga.

ryo1Awal pemakaian, nggak ada masalah. Sampe akhirnya, saat odometer baru menyentuh 800 km,  mulailah terdengar bunyi aneh dalam mesin.

ryo4Saat gas dilepas/ditutup, ada bunyi macam kemricik dari dalam mesin. Bertepatan dengan service 1, langsung  masukin bengkel resmi Yamaha Niaga , sekalian komplain bunyi tersebut pada tanggal 14 Pebruari 2017. Lha dalah, malah dibilang “biasa aja itu, part dalam mesin memuai” Begitu kata sang mekanik. Oke, selesai service dan ganti oli mesin sekaligus oli transmisi, pulang deh si abang berinisial R pemilik motor ini.

ryo5Karena suara berisik makin keras, tanggal 25 Pebruari 2071, dibawa lah ke dealer asal saat beli, Yamaha Niaga Palem. Klaim ke mekanik, sekaligus mengcross-cek mekanik sebelumnya yang bilang kalau bunyi itu wajar. Sempat adu debat sampai akhirnya sang kepala mekanik datang. Karena udah jengkel, keluhan nggak didengarkan, pemilik Soul GT ini menantang sekalian, coba dibandingkan dengan motor lain. Kebetulan, ada Soul GT punya konsumen juga service, odometer sekitar 800 km juga. Akhirnya, terbukti kalo motor  ini, memang berisik.  Analisa mekanik, lagi-lagi soal klep. Akhirnya, setel klep (lagi) dan dicoba, sedikit lebih baik. Aneh juga ya, motor baru sampe 2 x stel klep? Problem teratasi, dan motor pun bisa buat kerja, ya wira-wiri pp dr Gading Serpong ke Jakarta Utara  sekitar 68km.

Nasib baik, rupanya masih menjauh dari bro ini. Nggak lama setelah setel klep, bunyi berisik muncul lagi dan makin parah. Hampir mirip bunyi helikopter nih. Penasaran? Berikut rekaman dari sang pemilik

Pusing dan gerah, akhirnya inisiatif menelpon ke Call Center Yamaha. Dari pihak call center YAMAHA PUSAT ‘di rujuk’ ke YAMAHA PUTERA BSD yg terletak di Jalan Raya Serpong untuk lgs ketemu dgn Kepala Mekanik di situ. Begitu sudah sampai dan sang kepala mekanik sudah cek langsung kondisi motor,  diakui, memang mesin kasar dan berisik. Lalu, KepMek tadi ijin tes jalan si Soul GT. Kira-kira dipakai 20 km-an keliling area situ, akhirnya muncul statement yang dianggap lucu dan bertolak belakang  dengan keterangan awal. Justru dibilang “nggak ada masalah nih mas, bunyi biasa aja itu” Aneh kan?

Motor lalu naik pit, bongkar lagi. Seperti biasa, tersangka adalah klep dan kawan-kawannya. Coba distel, tetap saja. Cek pompa oli, mungkin oli nggak naik, nihil. Oli lancar, pompa normal. Pindah ke CVT, bongkar dan bersihkan, dan hasilnya? Tetap sama…

ryo3Akhirnya, selesai service keseluruhan dan  dibilang, “dipakai aja dulu mas, ntar kalau tambah berisik dan kasar, bawa kesini lagi aja”. Coba, apa gak sesat itu saran KepMek? Dengan hati dongkol, abang pemilik Soul GT berumur belum genap 2 bulan itu pun pulang dengan naik matic bersuara helikopter. Hingga artikel ini ditulis, belum ada kabar lagi, sementara karena ngeri, Soul GT gres ini dinonaktifkan dari pekerjaan. Ini merupakan rekaman suara berisik yang terbaru dari pemilik, simak deh masbro..

Yah, semoga pihak-pihak yang terkait, dalam hal ini pabrikan dan  jaringannya bisa memberikan solusi. Konsumen beli motor pake duit lho, masa cuma di PHP?

Advertisements

30 comments on “Curhat Pemilik Yamaha All New Soul GT 125, mesin berisik dibilang normal

  1. Bag rmh cvt sblh kiri sdh dibongkar semua tp entah mengapa para mekanik dr 2 dealer yg ane jabanin tdk ada satupun yg berinisiatif utk bongkar mesin.
    Ane selaku konsumen yg mempunyai motor keluaran yamaha ini bener2 kecewa baik terhadap perlakuan & pelayanan after salesnya

    Like

  2. Sama kaya kasus Honda Beat fi saya keluaran tahun 2012, Beberapa kali bolak balik ke AHASS tetap brisik kalau mesin sudah panas tepatnya pada sisi kipas pendingin mesin. Jawaban kepmek Ahass juga sama” ini normal pak” juga sempat dibandingkan dengan beat fi stock gudang belum berplat nomor, hasilnya memang sama brisiknya. Semenjak ganti oli MPX ke SPX dan BBM Pertamax agak mendingan saat pagi dipanasin tapi kalau mesin sudah panas di bawa jalan kemudian berhenti sesaat suara kasarnya keluar lagi dan keadaan itu berlangsung sampai sekarang.

    Like

  3. Pingback: All New Soul GT 125 yang berisik (lanjutan) | sekedar coretan

  4. Pingback: All New Soul GT 125 yang (masih) berisik | sekedar coretan

  5. Pingback: Enginasi, apaan sih? | sekedar coretan

  6. Saya baru ambil all new soul gt seken 2016, masih 6rb an kmnya..
    Abis beli langsung servis cek semua dan minta ganti kalo ada yg perlu diganti.. Ternyata nggak ada yg perlu diganti (selain oli mesin).
    Baru 2 minggu nih, ada bunyi helikopter juga, persis spt di video itu. Jadi malu diliatin orang di gang rumah, berisik bangeet..

    Ditunggu kabarnya ya kang, butuh pencerahan nih.
    Makasiih

    Like

  7. Ternyata banyak temennya. Motor soul gt 125 gw juga begitu. Serasa naek helikopter. Wakakak.
    Banyak kasus yg kayak begini. Dan semua dealer menyalahkan cuatomer, dgn dalih pemakaiannya gak bener.

    Like

  8. Klo bunyi kaya helikopter itu, pengalaman ane,. Tensioner nya udh jebol gan..mesti ganti.. DIJAMIN ga ada keluhan bunyi kasar lg..
    Ane jg gtu kasusnya..smoga bermanfaat..

    Like

  9. saya juga punya mio all new soul gt 125 semenjak bulan maret lalu… tapi punya saya bagus ngga kayak punya agan2 yg komplain… tarikannya juga mantap, bahkan faktanya dijalanan makin banyak yg pake all new soul

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s