Cover waterpump Honda CB150R bolong

Ini kasus, terjadi pada salah satu member komunitas Honda CB150R Kaskus / Hosticus. Abang Boim, biasa disapa begitu, baru ngeh kala si motor nongkrong di rumah sehabis dipakai ngider, ada tetesan  cairan  di sisi kanan bak mesin. Ternyata, bukan oli, karena berwarna. Positif, adalah rembesan cairan coolant alias pendingin mesin.

Kebetulan, coolant, memang sudah tidak pakai punya AHM, merk lain yang berkelir ijo stabilo. Sebenarnya, jauh hari sebelumnya, ketika kuras radiator dan pakai merk lain, saat membuka cover water pump, sempat curiga adanya retakan halus di sisi dalam cover itu.

Istilah water pump untuk bagian ini, saia pikir rada tidak tepat ya, karena yang dipakai pendingin pada mesin Honda CB150R ini bukan air, tapi coolant/cairan pendingin .

Berhubung santai, sedikit saja yang rembes sampai menetes, yah, dianggap gak papa deh.

kulen

ilustrasi cairan coolant

Waktu berlalu, dan akhirnya, kelamaan, bikin khawatir juga kan? Karena, kudu rutin memantau tabung reservoir dan volume radiator, jangan sampe kehabisan, ya karena menguap ya karena bocor ini tadi. Segera sambangi beberapa be-res, walah, mereka hampir semua kompak mengeleng, nggak sedia cover water pump. Salah satunya, karena tergolong slow moving part. Karena si CB150R juga merupakan sarana pencari nafkah, dan harus tetap jalan, maka dipakailah cara instan. Yaitu, ditambal sementara dengan lem besi. Woh?

pump3Iya, cairan lem Dext*n namanya, dioleskan tipis-tipis di sisi dalam cover waterpump. Setelah kering, barulah dipasang. Sebelumya, dicoba dulu dites dengan cairan air, dan sudah menutup retakan alias nggak merembes lagi. Rakit ke bak mesin kanan, isi coolant lagi, dan jangan lupa, isi oli mesin juga, lalu diajak jalan. Walhasil, sehat, tak ada lagi rembesan coolant. Cara ini, cukup lama dipakai sang pemilik, sampai akhirnya, terjadi lagi rembes. Wah, kayaknya, si lem besi, sudah tidak mampu menahan tekanan coolant yang mendidih. Untungnya, sembari memakai lem darurat tadi, pemilik memesan cover waterpump ke salah satu bengkel rekan. Pas, saat terjadi rembes lagi, cover sudah tersedia, dan siap dipasang. Plug n play, lha wong memang part Honda CB150R 😆 Terpasang, dan hingga kini, tak ada keluhan lagi soal rembesan coolant dari cover waterpump.

pump2Dari kesimpulan pemilik yang sempat mengamati lebih seksama, kondisi fisik cover waterpump yang bolong, kemungkinan besar sih, karena material yang kurang bagus. Yah, dipikir wajar saja sih, ada margin cacat produksi, namanya juga kerjaan manusia, wajar dari ratusan/ribuan barang, ada 1-2 yang cacat. Pas apesnya aja, si pemilik senyum kecut menghibur diri. Oh iya, banderol ini barang, adalah IDR 85.000 dan dapatnya juga dari bengkel umum. Hmm…

cover_waterpump_honda_all_new_cb150r_2015Semoga berguna, dan mari, cek perangkat pendingin di CB150R masing-masing yaaa..

 

Advertisements

8 comments on “Cover waterpump Honda CB150R bolong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s