Trail gacoan baru Honda, sasisnya pakai model apa ya???

Masih gonjang ganjing di dunia maya, tentang rumor akan masuknya pabrikan sayap tunggal, Honda, di pasar motor offroad alias trail. Seperti dilansir rudysoul , bahwasanya produk kelas ini, gacoannya,Β  akan dititeli Honda CRL150. Nah, basis mesinnya? Yang marak sih,katanya, bakal adopsi basis mesin Honda Verza, dari anangcozz. Oke. Katakanlah, fix soal mesin. Kan gampang tuh, tinggal gandakan produksi mesin basis verza, tinggal rubah ECU, setting bla–bla-bla, beres. (Padahal gak segampang itu kali ya πŸ˜†

gambar : bakulkangkungjpr1.com

gambar : bakulkangkungjpr1.com

Nah, soal rangka alias sasis. Bakal pakai apaan nih?Β Β  Secara garis besar, yang sepertinya tidak perlu desain baru yang bikin biaya produksi melonjak, adalah aplikasi dari desain sasis yang sudah ada. Honda, kita singkat AHM aja ya, memiliki beberapa sasis untuk model sepeda motor batangan/sport, yang sudah diproduksi massal di Indonesia. Ada sasis trellis/tralis, yang dipakai di CB150R dan adiknya, NCB. Juga ada sasis model perimeter/deltabox, yang diaplikasi CBR series. Terus, lainnya? Ada sih, model lama, yang dipake CB hingga GL series, yaitu jenis diamond. Kira-kira, yang mana yang mau dipake AHM untuk motor trail ini? Semua sasis/rangka, memiliki sisi plus-minus.

gambar : saputranett

gambar : saputranett

Nah, kalo terawangan saia pribadi, kayaknya bakal aplikasi sasis diamond, punya GL series, tapi akan dimodifikasi. Lho, piye to,pabrikan kok modifikasi?? Kan, malah gampang masbro, peralatan lengkap, bahan ada, SDM memadai. Modifikasi ini, kemungkinan akan merubah sebagian desain rangka diamond. Bingung ya?

Secara dasar sih, masih sama, hanya saja, untuk memperkuat, terutama dudukan mesin, ditambahkan pipa rangka yang jadi tempat duduknya mesin. Kalau di GL series, mesin terpasang menggantung. Sisi belakang diikat ke rangka tengah, sisi depan diikat ke pipa downtube.

rangka single craddle tiger, olx

rangka single craddle tiger, olx

Untuk mesin yang banyak dipakai offroad, perlu dudukan mesin yang lebih kuat. Makanya, ditambahkan pipa dobel, menyambung dari downtube, hingga ke rangka tengah. Jadi, mesin seolah duduk manis di pangkuan rangka. Halaaah, ngomong opo toh iki…

rangka crf230eidtDengan diikat semacam ini, posisi mesin lebih stabil dan kuat, sehingga diajak medan ganas offroad, aman jaya. Yah, mirip dudukan mesin di Honda CRF ini

rangka crf230, ebay

rangka crf230, ebay

Paling gampang membayangkan, ya tampilan Honda CRF125 ini dari mas haji tmcblog.com

crf125 tmcblogNah, sudah ada gambaran kan? Soal baju, walah, soal eces itu masbro bagi AHM. Tinggal pilih dari model trail mereka yang bejibun, sesuaikan ukuran, beres deh πŸ˜†

Semoga berguna..

 

Advertisements

21 comments on “Trail gacoan baru Honda, sasisnya pakai model apa ya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s