Tips aman buat sis lady biker

Kali ini, artikel khusus saia tujukan buat sis lady biker, yang bisa jadi tiap hari riding pake motor. Di jalanan yang sekarang kayak rimba, dimana yang kuat berkuasa, lady biker gak usah kecil hati. Dengan skill riding yang memadai, plus beberapa tips dan trik riding yang aman di jalan, dijamin bejaban-lah sama pengendara batangan di jalan.
Berikut beberapa trik en tips yang saia rangkum

kayak gini-kah???

kayak gini-kah???

1. Pilih motor yang sesuai
Ini sebenarnya poin yang sangat penting. Gak semua motor cocok sama kaum hawa. Bukan maksud meremehkan, tapi sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan fisik, mengendalikan motor. Percuma kan, dandanan keren, motor sangar, tapi kesulitan pas riding? Apalagi pas berhenti, ribet cari pijakan gara-gara motor berat dan tinggi…

susah kan pas berhenti??

susah kan pas berhenti??

Buat yang berpostur standar wanita, yah 160/45, monggo pilih matic atau bebek. Kalo yang diatasnya, (sengaja gak saia sebut over πŸ˜† ), boleh pilih matik yang rada gedean atau kalo mau, sport sekalian..asal mampu lho ya, jangan dimampu-mampukan :mrgreen:

khusus eksyen aja nih

khusus eksyen aja nih

2. Selalu kenakan perlengkapan riding yang memadai
Yang jelas wajib adalah helm dan jaket, serta sepatu dan sarung tangan. Pengen lebih? Boleh…silakan pake pelindung lutut dan siku jika memungkinkan

contoh kelengkapan lady biker yang jos

contoh kelengkapan lady biker yang jos

Tips : rata-rata, biker iseng (gak semua biker lho ya), kadang entah di lampu merah atau pas berhenti, suka godain lady biker yang kebetulan, maaf nih, berpenampilan rada menggoda (baca:seksi) dan cantik. Nah, bila gak mau jadi sasaran, bisa pake jaket dan menggunakan helm yang fullface, atau bila ogah ribet, silakan pake helm yang berkaca rada gelap. Ingat, ini buat jalan siang lho yaa..

pasti digodain :lol:

pasti digodain πŸ˜†

3. Hindari memakai rok
Loh, gak make rok? Iyah…mending pake celana panjang. Why?? Pake rok, ada beberapa efek samping, yaitu
– ribet pas lagi riding, apalagi ada angin kencang, atut kesingkap kemana-mana πŸ˜†
– kalo pas pake span/mini, bingung pas berhenti, karena kalo kaki turun dari footstep, pasti deh itu rok ketarik, kesingkap makin naik :mrgreen:
– bisa menyebabkan pengendara lain meleng dan beresiko kecelakaan :mrgreen:

nah loh, ribet kan??

nah loh, ribet kan??

Trus, gimana kalo wajib kerja/sekolah pake rok? Monggo, dari rumah, rok dimasukkan tas, trus pake celana panjang dulu, baru setelah sampai, ke toilet, ganti deh pake rok-nya…aman meski repot

4. Jangan pake high heel
Emang sih, kaum hawa lebih stylish kalo ditambah pake high heel. Cuma, kalo dipake riding, mendingan dicopot dulu deh, trus pake sepatu yang rata/tanpa hak. Silakan disimpan dulu hig heel di bagasi. Rada berbahaya, sis. Kenapa? Pertama, karena jarak sol dan hak terbilang jauh, jadi tumpuan ke tanah jadi berkurang, apalagi yang hak-nya lancip macam stiletto. Dikuatirkan, pas berhenti mendadak, tumpuan kaki ke jalan sangat minim, bisa jadi terpeleset. Nah, kedua, bila sis pake motor bebek, sering saia temui, yang pake hig heel, nyangkut diantara tuas perseneling. Nah, lho, berabe kan???

komplit deh, rok mini+high heel

komplit deh, rok mini+high heel

5. Jangan pake tas tangan/selempang
Tas emang berguna untuk bawa barang. Buat sis yang pengen tampil modis, seringkali pake tas selempang atau malah tas tangan. Ini juga sebisa mungkin dihindari. Karena, salah satu sasaran kejahatan, yang diincar adalah barang bawaan pengendara motor.

cewek tas slempang2Lihat tas terselempang di sebelah pundak, atau malah kadang digantungkan di setang, bisa disabet dalam sekejap oleh penjambret. Rawan kejahatan, juga kecelakaan. Ada baiknya, dimasukkan ke bagasi aja, ntar kalo dah nyampe baru deh dipake. Gak ada bagasi? Silakan dimasukkan tas punggung..biar deh, rada ribet yang penting aman

6. Jangan memanfaatkan sisi humanis
Mungkin sudah kodrat kali ya, wanita perlu dilindungi. Nah, kadangkala, faktor ini yang justru “dimanfaatkan” sebagian oknum lady biker. Gak percaya? Pernah liat gak, lady biker nyerobot antrian di kemacetan? Eh, begitu kita tahu cewek, gak jadi marah deh, apalagi dia-nya senyum-senyum gitu, seakan minta pemakluman, “hei, aku ini cewek, duluin aku dong”
Ato kalo gak gitu, pas kena razia, dengan pasang muka melas dan SSI (spik-spik iblis :mrgreen: ), minta nego ke petugas?? hayoo..ada yang pernah gak???

lagi SSI-kah??

lagi SSI-kah??

Nah, itu beberapa trik dan tips yang saia temuin di jalan. Ada yang mau menambahkan, atao malah menggugat???
Silakan opini-nya mbaksis en masbro..

gambar : berbagai sumber

Advertisements

17 comments on “Tips aman buat sis lady biker

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s