Gas seret pada Honda New CB150R? Cukup REXCO 50 obatnya

Pagi masbro..

Tuas gas adalah salah satu piranti vital dan penting pada sepeda motor. Benda berwujud selongsong plastik, yang menarik dan mengulur kabel gas ini, memang sekilas dan sepintas remeh. Tapi, bila bermasalah, seret atau macet saja sudah bikin pusing

Karena keberadaannya yang tertutup oleh grip gas, berupa karet yang biasa kita genggam dan putar, sering terabaikan. Padahal, fungsi vitalnya, adalah menggerakkan pemasok daya pada mesin. Kalau pada Honda New CB150R, grip gas menarik dan mengulur 2 kabel gas yang menggerakkan throttle body sebagai sinyal penyemprot bahan bakar pada sistem injeksi PGM-fi

Dengan posisi rada tersembunyi, gerakan berputar selongsong gas ini seringkali terhambat oleh debu ataupun kotoran yang menyelinap masuk melalui celah setang dan jalu. Apalagi usia pakai motor sudah tinggi, aus dan keringnya pelumas pada selongsong gas ini menyebabkan putarannya nggak lancar.

Kadang seret, terasa berat, hingga sering tidak bisa berputar> Alhasil, pengendalian motor ya ikutan kacau. Lha gimana, wong saat gas ditarik, nggak bisa langsung lancar berputar, sehingga lambat deh respon mesin. Rasanya, jadi mesin ikutan berat, padahal nggak. Belum lagi kalau macet pas gas ditutup. Putaran mesin nggak bisa langsung turun, atau istilah Jawa, gas “mbandhang”. Bahaya kan? Seolah masih digas padahal posisi tangan sudah menutup grip gas.

Soal sepele ini, bisa berbahaya memang. Jalan keluarnya, Continue reading

Rexco 50, Pelumas serbaguna yang tak hanya melumasi

Pagi masbro..

Dalam aktifitas sehari-hari, pasti nggak bisa lepas nih sama yang berbau-bau teknis. Nggak usah lah soal teknologi yang terlalu canggih. Kita keluar masuk rumah saja, ada teknis kok. Tuh, engsel pintu 😆 Belum lagi naik motor, tuh ada gerakan perpaduan harmonis teknis rantai dan gir yang memutar roda mengantar kita ke tempat tujuan. Belum lagi putaran selongsong gas yang bisa kita sesuaikan mau putar dalam-dalam atau pelan saja. Semuanya, berbau teknis dan berkaitan dengan gesekan antar komponen

Gesekan, menurut hukum fisika dan pelajaran IPA yang dulu kita dapat di sekolah, akan menghambat pergerakan suatu benda. Semakin kasar permukaan, yang dikarenakan berbagai sebab misal kotoran dan sejenisnya, maka akan mengurangi kecepatan pergerakan. Demikian pula polusi suara yang dihasilkan, akan berbanding lurus dengan gesekan. Makin besar gesekan, suara yang ditimbulkan semakin keras. Selain efek mengurangi kecepatan pergerakan dan polusi suara, hal negatif lain adalah kerusakan pada bidang yang bergesek akan lebih cepat terjadi, alias keausan.

Paling gampang, simak saja Continue reading