Ganti kampas rem Vario 110 FI di AHASS, mung mang menit

Pagi masbro..

Kali ini, ngobrolin soal Honda Vario 110 FI kepunyaan nyonya, alias istri saia. Nih skuter matik, emang jam kerjanya, eh, odometernya, memang masih minim.

Lha wong memang rute hanya antar jemput anak sekolah, ke pasar dan keperluan yang nggak terlalu jauh jaraknya. Alhasil, si merah keluaran tahun 2014 silam ini, sampe tahun 2021 odometernya masih di angka 18 ribuan. Jauh banget dibanding motor saia yang lansiran 2017, dipake 4 tahunan sudah 43 ribu lebih 😆

Meski pemakaian minimal, si V110 FI generasi pertama yang masih starter bletak ini tetap rutin service, dan ganti oli. Catetan saia, selain service rutin dan ganti oli, yang sudah diganti hanya busi 1 kali, dan kampas rem depan 1 kali. Lainnya, masih orisinal bawaan motor dari baru, termasuk aki hingga ban. Nah, beberapa waktu belakangan, dipakai nyonya, kok cerita kalau rem belakang jadi kurang enak. Dalem, kudu ditekan maksimal. Ah, ini mah kampasnya minta ganti nih, lha wong 7 tahun je :mrgreen: Akhirnya, pas libur kerja, sementara pemiliknya sibuk di rumah, saia gelandang si merah ke bengkel AHASS dekat rumah. Beda kecamatan sih, tapi terdekat. Niat hati, mau beli kampas rem saja, nanti saia bongkar dan pasang sendiri di rumah. Ndilalah,

pas lihat tabel, ongkos pasang kampas rem belakang Vario hanya IDR 15 ribu saja. Weleh, ya akhirnya saia serahkan sekalian pasang deh, hehehehe

Nggak pakai lama, karena bengkel pas sepi, langsung naik pit itu skutik merah. Digarap langsung mekanik dan seorang anak magang/PKL. Seperti yang saia bayangkan, pasti memang rada ribet buat lepas roda, karena kudu lepas knalpot dulu. Setelah itu, lepas baut roda. Dan hal yang saia syukuri, saat buka mur roda, menggunakan kunci angin sehingga kuat bukanya. Lha wong 7 tahun terkunci dengan kuncian pabrik. Terbayang, kalau jadi saia pasang sendiri, buka mur roda dengan kunci manual, aduuuuh biyung, bisa putus asa saking kerasnya, wkwkwkwkwkwkk

Roda lepas, lanjut bongkar kampas rem lama yang memang sudah menipis. Sekalian dibersihkan dengan semprotan kompresor dan perkakas lain sehingga area kampas rem dan rumah teromol bersih dari debu dan sisa pengereman selama 7 tahun 😆

Kampas baru dipasang dan duduk manis deh. Tinggal rakit roda, kencangkan dengan kunci, serta pasang lagi knalpot si V110 ini. Dalam sekejap, sudah selesai dan turun dari pit.

Isengnya saia, sambil nunggu, pasang timer di jam tangan. Sumpah, asli hanya iseng ingin tahu, seberapa lama bongkar pasang kampas rem ini, lha wong gabut di ruang tunggu, mantau sedikit menjauh dari lokasi pit. Ternyata, cepet banget prosesnya. Semenjak motor dilepas knalpotnya hingga turun dari pit dengan kondisi kampas rem baru sudah terpasang, hanya perlu waktu di kisaran 5 menit saja. Hmmmm..

Yah, meski ingin belajar utak-atik dan kerjakan sendiri dirumah, ada beberapa hal yang memang kudu dilakukan di bengkel karena peralatan yang jauh lebih komplit dan kunci spesial :lol:. Kalau ringan-ringan sih, semacam ganti oli atau ganti laher roda depan, bisalah dikerjain sendiri, mengisi waktu-tambah ilmu dan pengalaman-serta hemat biaya. Lainnya, tetap ke AHASS , hehehehe

Btw, puas layanan AHASS ini. Cepat, bersih dan efisien. Total jenderal , ganti kampas rem kena biaya IDR 65.000. Rinciannya, harga suku cadang IDR 50.000 dan biaya pasang IDR 15.000, dengan suku cadang asli Honda.

Semoga berguna

One comment on “Ganti kampas rem Vario 110 FI di AHASS, mung mang menit

  1. Pingback: Ganti kampas rem Vario 110 FI di AHASS, mung mang menit - Jatimotoblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s