Aman berkendara di jalan, nih tips-nya spesial untuk kaum hawa

Sore masbro..

Pengguna sepeda motor sebagai sarana transportasi efektif saat ini memang meroket. Nggak hanya dominasi kaum pria saja, jumlah pengguna kaum wanita juga luar biasa.

Sayangnya, memang sih nggak semua, pengguna motor kaum hawa ternyata jadi penyumbang yang cukup besar dalam angka kecelakaan lalulintas. Melansir dari data survei oleh Queenriders, kecelakaan lalu lintas oleh perempuan menyumbang 49,5 persen dari total kecelakaan. PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ menyadari bahwa masih banyak wanita yang masih abai dalam berkendara motor serta pentingnya edukasi berkendara bagi perempuan Indonesia. Pasalnya, zaman sekarang sepeda motor sudah menjadi kendaraan harian bagi banyak wanita di Indonesia. Motor pilihan wanita Indonesia saat ini didominasi oleh motor matic atau skutik (skuter matic). 

Agus Hariyanto

selaku Ketua Yamaha Riding Academy Surabaya mengatakan “Sebagai perusahaan motor, tentu saja kami mengikuti perkembangan situasi lalu lintas. Kami rasa sudah waktunya untuk membicarakan mengenai keamanan berkendara khususnya bagi perempuan. Melihat motor Yamaha pun banyak digunakan oleh perempuan di seluruh Indonesia.” 

Apapun pilihan sepeda motornya, ada beberapa tips dari Yamaha Jatim yang harus diperhatikan untuk pengalaman berkendara yang lebih aman bagi pengendara perempuan. Yuk, simak tips dari Yamaha STSJ:

1.    Pakai safety gear dengan lengkap

Berlaku bagi semua pengendara sepeda motor. Pastikan menggunakan safety gear yang lengkap saat berkendara. Safety gear yang dimaksud adalah helm dan jaket serta sarung tangan. 

2.    Perhatikan pakaian

Hindari pemakaian rok yang ketat atau terlalu berkibar. YRA merekomendasikan para perempuan untuk menggunakan celana panjang (bahan jeans lebih aman) atau rok panjang agar dapat melindungi kaki dengan maksimal. Makin aman dan nyaman, gunakan juga sepatu dengan alas yang rata atau sepatu olahraga. Sebisa mungkin hindari penggunaan sepatu hak tinggi agar tidak mengganggu keseimbangan saat berhenti. 

Untuk para pengguna hijab, disarankan untuk menggunakan jaket. Tujuannya agar kerudung tidak berkibar dan menutupi lampu belakang. Hal ini kerap ditemui di jalan raya dan menimbulkan kecelakaan

3.    Konsentrasi saat berkendara

Pastikan untuk selalu fokus saat berkendara. Hindari penggunaan smartphone saat sedang mengendarai motor. Gunakan lampu sein sesuai peruntukannya dengan tepat agar tidak membingungkan pengendara lain. 

Selalu perhatikan rambu-rambu lalu lintas. Seperti berhenti saat lampu lalu lintas merah dan jangan melawan arus saat berkendara. 

4.    Pastikan posisi anak aman dan nyaman

Bagi pengendara perempuan yang membonceng anak, pastikan posisi anak saat berkendara sudah aman. Posisikan anak di belakang pengendara dan pastikan pijakan sesuai. Seperti pada Yamaha Gear 125 yang memiliki pijakan kaki anak sehingga menambah keamanan dan kenyamanan. 

Pastikan anak sudah menggunakan safety gear dengan lengkap. Berkendara dengan anak balita sendirian, dikarenakan anak balita belum bisa menggunakan safety gear yang lengkap. 

Demikian , beberapa tips berkendara aman dan nyaman bagi pengendara perempuan. Semoga berguna dan selalu berkendara dengan aman , selamat sampai di tujuan

Semoga berguna 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s