Pemutihan dan diskon pajak kendaraan Jawa Timur, simak detail program 3 in 1 ini

Pagi masbro..

Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kembali menggelar program populer nih. Yaitu pembebasan sanksi denda pajak kendaraan bermotor nih

Program dihelat oleh Badan Pendapatan Daerah Jawa Timur, so… berlaku untuk seluruh wilayah Jawa Timur nih. Ada 3 program yang dilaksanakan sekaligus, yaitu pemutihan/pembebasan denda pajak kendaraan, pembebasan biaya balik nama serta diskon pajak kendaraan. Nah, banyak yang belum paham to??

Yang pertama, jelas. Yaitu pembebasan denda pajak kendaraan, atau biasa disebut pemutihan. Program ini, menghapus denda pajak kendaraan, sehingga pemilik cukup membayar pajak kendaraannya saja. Sebagaimana diketahui, keterlambatan pembayaran pajak kendaraan/PKB, pasti dikenakan denda bervariasi, tergantung waktu keterlambatan dan berwujud persentase. Dengan adanya pemutihan ini, lumayan meringankan, karena, meski telat bayar PKB, nggak bakal didenda, cukup bayar pajak utama saja. Lumayan banget, apalagi bagi yang nunggak bertahun-tahun, dimana dendanya pasti juga menumpuk

Masuk dalam pemutihan ini, ada juga pembebasan biaya balik nama kendaraan/BBNKB. Untuk proses balik nama, biasanya kendaraan bekas, memang ada biaya balik nama, selain biaya mutasi dan biaya cabut berkas. Dalam program pemutihan ini, beban sedikit berkurang karena biaya BBN kendaraan dihapuskan, alias nggak perlu bayar BBN

Ketiga, adalah diskon pajak. Yaitu, pengurangan pajak kendaraan dengan besaran bervariasi, tergantung jenis kendaraan. Diskon alias insentif ini, berupa persentase. Besarannya, yaitu diskon 20% untuk kendaraan roda 2 dan roda 3. Sedangkan roda 4 atau lebih, memperoleh diskon 10%. Tuh, lumayan kan? Pajak mobil Kijang, katakanlah IDR 2 juta, kena diskon IDR 200.000, jadi cukup bayar IDR 1.800.000 saja. Dua ratus ribu rupiah, jumlah yang lumayan kan, apalagi masa pandemi kayak gini

Kapan nih? Tenang sodara-sodara, tenang. Digelar cukup lama kok, yaitu sejak 6 September lalu, hingga 4 Desember 2021 mendatang. Cukup lama, kisaran 4 bulan nih

Yuk, yang belum bayar pajak, kena denda, silakan deh, menuju Samsat terdekat. Atau bisa juga merapat ke Indomaret/Alfamart dekat rumah, karena bisa bayar pajak lebih cepat disono, gak perlu antri. Kecuali buat yang mau balik nama, ya kudu sambangi Samsat ya, karena prosedur balik nama cukup banyak, ada cek fisik segala macam. Eh, mau balik nama? Mampir kesini dan disini ya…

Semoga bermanfaat

One comment on “Pemutihan dan diskon pajak kendaraan Jawa Timur, simak detail program 3 in 1 ini

  1. Pingback: Pemutihan dan diskon pajak kendaraan Jawa Timur, simak detail program 3 in 1 ini - Jatimotoblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s