Honda CRF190L, terpantau siap rilis

Pagi masbro..

Weh, denger, eh, baca judulnya ngeri juga. Barang siap rilis, berarti belum, tapi sudah terumbar di media. Ganas tenan, nyaris mirip di Indonesia yak?

Lho, nih bukan motor di Indonesia? Wah, bukan nih masbro. Adalah Honda China yang hendak luncurkan tipe motor jangkung, dengan embel-embel tajuk CRF yang melegenda, CRF190L. Sundiro Honda akan pasarkan CRF190L ini merupakan salah satu pabrikan Honda di China serta penjualan usaha patungan di China ini merupakan pabrik besar dengan ribuan karyawan.

Balik ke CRF190L, terumbar foto gamblangnya yang siap kirim. Punya kelir khas Honda RWB, plus imbuhan aksesoris berupa sidebag. Honda CRF190L hadir sebagai opsi lain pecinta mesin CB190 series. Bila sebelumnya CB190 hadir dalam bentuk motor sport dan motor naked, kali ini nongol dalam bentuk motor petualang.

Laiknya motor-motor segala medan sebangsanya, Honda CRF190L mempunyai desain tinggi dengan paduan lingkar roda depan 19 inch dan roda belakangnya 17 inch.

Desain motor ini dikatakan mengambil basis desain dari CRF1100L. Meski lebih sederhana jatuhnya, ya karena basis mesin yang jauh lebih imut sehingga alhasil, bodi juga mengalami penyesuaian.

Honda CRF190L dipasangkan half-fairing dengan windshield tinggi. Lampu depannya, pastgi yang kekinian yaitu gunakan LED , dengan model bertumpuk melengkung mengikuti bentuk mini fairing depannya. Suspensi depan yang panjang, masih andalkan teleskopik biasa, masih belum upside down laiknya Honda CRF150L di Indonesia.

Roda depan belakang, dengan velg jari-jari alumunium warna hitam, dibalut ban trail bertipe tahu, kotak-kotak kasar. Yang rada unik, dan nggak pas, adalah sepatbor depan. Nggak pakai spatbor khas motor trail yang biasanya terikat di segitiga komstir, namun lansiran Sundiro ini, malah gunakan spatbor laiknya motorsport. Yaitu terpasang di suspensi, alias di bagian bawah. Jadi aneh sih ya

Pembangkit daya, adalah sebongkah mesin 190cc. Area mesin masih identik dengan Honda CB190R yakni 190cc SOHC 5-percepatan dengan pendingin oli dan udara. Terbilang sederhana memang, identik dengan user friendly dan mudah dirawat. Punya tenaga maksimal 16 HP di 8.500 RPM, sementara torsinya 15,4 Nm pada 7.000 RPM. Mesin injeksi ini, duduk manis di rangka model teralis yang dipercaya mampu lintasi gajlukan medan tak rata.

Sebuah motor entry level yang cukup menarik. Kalau disini sih, cukup menarik untuk dijadikan inspirasi bahan modifikasi. Banyak bahan tuh, ada Verza 150 ataupun yang sudah bergenre trail, CRF150L

Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s