Apa efeknya, tidak memasang kabel ground di knalpot Honda New CB150R?

Pagi masbro..

Buat penyuka modifikasi, mengganti beberapa suku cadang sepeda motor dengan produk variasi adalah hal lumrah. Salah satunya knalpot. Termasuk saia sih, mengganti knalpot si bleki, Honda New CB150R dengan knalpot produk R9. Artikelnya disini nih

 

Nah, di channel youtube, ternyata beberapa waktu lalu ada yang nanya, Ada sebuah kabel, yang terpasang pada knalpot. Dilengkapi dengan skun, kabel ini memang bisa dilepas pasang. Kalau fungsinya , adalah sebagai kabel massa atau kabel ground, yang menghubungkan aliran arus negatif kelistrikan ke sasis atau rangka Honda New CB150R.

Untuk menjawab, ya jelas dong, saia kudu praktek langsung. Lha kalau hanya ilmu kira-kira, bisa menyesatkan nih jawabannya. Saia jajal langsung, dengan melepas kabel ground tersebut dan melihat apa akibatnya pada motor. Videonya, monggo bisa disimak, dan kalau disubscriber, wah, saia maturnuwun sanget, terima kasih sekali buat yang sudah dan akan subscribe channel aselimalang.com ini. Kecil sih, alias masih newbie, hehehehe

 

Eh, malah OOT. Jadi gini nih, ternyata, nggak ada efeknya, bila ini kabel dilepas atau tidak dipasang kembali. Kelistrikan motor tidak akan terganggu, gegara berkurangnya massa/ground. Saluran pentanahan atau massa atau ground pada motor Honda New CB150R ternyata tidak hanya 1 saja. Di area knalpot, ada 1 lagi baut massa yang terpasang ke sasis.

Nah, untuk ground utama, ada terpasang di sisi kiri motor. Di balik panel body samping sisi kiri, ada sebuah terminal konektor, dengan 4 konektor kabel yang dibaut ke sasis. Ini adalah massa/ground utama di motor. Makanya, meski yang di knalpot nggak terpasang, nggak ngaruh sih. Kan yang lainnya masih terpasang dan berfungsi normal.

Lalu, efeknya bila yang di knalpot tadi dilepas? Hanya dari sisi estetika saja tuh. Ya karena jadinya, si skun kabel tergantung menjuntai, kleleran alias kelihatan nggak rapi. Makanya, sebaiknya dipasang kembali saja. Selain menambah aliran ground atau massa ke rangka motor, juga tampak lebih rapi, nggak ada kabel terlihat menjuntai. Toh, hanya berbekal sepasang mur baut ukuran 10 mm saja kok. Di knalpot variasi untuk NCB150R, lubang kabel massa ini sudah tersedia, tinggal dipasang dan dibaut saja.

Tuh, gampang kan? Jadi sebaiknya, dipasang lagi ya buat yang suka oprek knalpot. Rapi dan mengembalikan fungsi kabel ground.

Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s