Motorsport Honda dengan velg CW pertama di tanah air

Pagi masbro..

Motor dengan velg CW alias casting wheel atau velg palang, di tanah air jamak disebut velg racing. Kenapa? Lha kebanyakan diadopsi oleh motor balap, makanya lebih tenar dengan sebutan velg racing 😆

Ngomongin velg palang ini, kira-kira, motorsport Honda yang ada di Indonesia, yang pertama pakai velg CW ini apa hayo???

Ternyata, adalah Honda Tiger. Yups, si macan noceng ini, adalah motor laki Honda Indonesia yang perdana menggunakan velg CW. Persisnya, pada tahun 1998, yaitu generasi Honda Tilas/Tiger Lawas. Honda Tiger muncul pertama pada tahun 1993, dan terus berevolusi tahun ke tahun. Muncul pertama kali, dengan menggunakan roda jari-jari alias velg ruji besi, dan pada tahun 1998, seri Tiger Lama ini, dilengkapi dengan opsi atau varian dengan velg CW.

Tilam generasi ke-2 ini, masih menyediakan opsi velg ruji disamping pilihan velg CW berlabel Enkeic. Motif velg Enkei 6 ini sederhana, dengan 6 palang saja berwarna perak/silver. Hadirnya versi Tiger CW perdana ini, memang sontak makin menguatkan pamor si macan, yang di era 90an sudah jadi idola anak muda. Keren, gagah dengan mesin 200cc, ditambah pakai velg racing…ughh..saia pun yang saat itu masih sekolah, hanya bisa memandang teman sekolah yang kebetulan punya :mrgreen:

Dan akhirnya,. pilihan velg CW ini hadir dalam semua versi Honda Tiger. Mulai Tiger Lawas/tilas (1998-2002), Tiger Lama (2002-2006) hingga Tiger Revo yang dimulai pada tahun 2006 dan berakhir pada tahun 2013. Pelopor velg racing ini, memang stop produksi pada 2013, namun, penggunaan velg CW, justru terus digerakkan pada semua varian. Ya motorsport/motor laki, motor bebek juga motor skutik, meskipun velg jari-jari tetap disediakan untuk opsi harga jual yang lebih terjangkau

Semoga berguna

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s