Hindari terpeleset di perlintasan rel kereta api, ini tipsnya

Pagi masbro..

Sudah jamak dan mahfum, di kalangan pesepeda motor, saat melintasi sepasang rel perlintasan kereta api (KA), wajar jika sering merasakan gejala ban motor rasanya selip, mau terpeleset. Apalagi, saat hujan, dan kebetulan, itu rel KA posisinya nggak tegak lurus memotong jalan raya

Perlintasan sebidang, menurut pihak KAI memang sebaiknya diminimalkan, tapi ya gimana lagi, mau gak mau pasti ada. Persinggungan dengan jalur jalan raya tidak terhindarkan.

Sering juga terjadi kecelakaan di perlintasan KA ini, namun tidak karena tertabrak KA, namun jatuh karena terpeleset. Termasuk di Malang nih, salah satunya perlintasan KA di bawah flyover Arjosari ini, sering makan korban, bahkan beberapa kali melihat dengan mata kepala sendiri. Posisi rel memotong jalan menyerong, tidak tegak lurus atau 90 derajat, juga membuat makin gampang terpeleset saat dilintasi ban sepeda motor

Ada tipsnya nih, bila melewati rel KA menyerong macam ini. Yaitu, dengan merubah jalur sedikit berbelok sebelum sampai diatas rel, dan saat melintasi rel, posisi ban motor tegak lurus.

Dengan posisi tegak lurus ini, bidang ban yang menempel pada rel relatif stabil dan tidak mudah bergeser alias selip. Alhasil, bisa melintas dengan lebih aman.

Namun perlu digaris bawahi, perhatikan kondisi lalu lintas saat hendak merubah jalur motor, jangan sampai malah menyerempet kendaraan lain yang searah. Jangan lupa, tetap jaga kecepatan rendah saja saat melintasi, karena lebih mudah mengontrol setang kemudi bila terasa selip. Apalagi waktu musim hujan dan banjir macam sekarang, kudu lebih waspada dan hati-hati karena besi baja rel yang basah pasti jadi lebih licin.

Sebagai himbauan dan penanda, di beberapa titik rawan laka seperti ini, terpasang petunjuk cara melintasi perlintasan KA secara aman.

Yuk, jaga kesehatan dan keselamatan saat berkendara. Tetap #cariaman saat berkendara

Semoga berguna

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s