Ini beda Honda Supra X 125 FI di Indonesia dan di Yunani

Pagi masbro..

Motor bebek Honda, yaitu Supra X 125, memang cukup melegenda. Meski kini, terus digencet oleh bebek super Supra GTR 150 dan kudu melawan gempuran skutik yang menawarkan kepraktisan, pasar motor bebek ini masih cukup diminati.

Nah, ternyata, basis Honda bebek ini, juga hadir di Eropa sono. Adalah Yunani, yang tercatat punya varian motor cub yang labelnya sama, Honda Supra X 125 FI.

Meski garis desainnya dan bentuk serta beragam perangkapnya sangat mirip dengan Supra X 125 Indonesia, ada beberapa perbedaan motor bebek ini. Paling kentara adalah fitur keamanan khas, yaitu penggunaan mata kucing. Mata kucing di Supra X 125 Yunani ini, berbentuk persegi panjang dengan ukuran rada besar dan dipasang pada sokbreker depan yang bertipe teleskopik berukuran 26 mm.

Bentukan bodi masih sama persis. Hanya, ada ubahan posisi lampu sein belakang. Kalau versi kita, Indonesia, sein belakang tetap menyatu dengan lampu belakang. Lha di Yunani, kayaknya adopsi yang  lebih safety dengan memisahkan diri. Sein belakangnya, terpasang pada sisi sepatbor belakang, jadi posisinya agak rendah.

Lalu beda lainnya adalah roda.. Meski model velg dan ukurannya sama saja, namun ban yang membalut velg ini, beda kasta. Di Yunani, ban Michelin dipilih untuk alas kaki Honda Supra X 125 dengan ukuran 70/90-17 M/C 43S di depan dan ban belakangnya 80/90-17 M/C 50S. Weh, mantap tenan…

Terakhir, Supra versi Yunani ini lebih mantap pengeremannya. Lha wong dipasangkan CBS, alias rem Combi Brake System.  Menekan rem belakang, secara otomatis juga akan mengaktifkan pengereman depan dengan porsi yang disesuaikan. Lebih aman dan nyaman nih..

Kemudian dari segi mesin, Supra X 125 spek Eropa dibekali mesin 125 cc, 4 langkah, berpendingin udara. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga 8,98 dk pada 7.250 rpm dan torsi maksimum 10,1 Nm di 5.500 rpm. Mesin tersebut sudah lolos regulasi Euro4 dan dibekali teknologi Honda Evolutional Catalysing System (HECS3), sesuai regulasi Eropa.

Fitur lain masih sama saja. Seperti lampu LED terpasang di belakang, lampu depan dan sein yang masih bohlam, termasuk USB charger untuk isi daya gadget yang tersedia didalam bagasi bawah jok.

Yang rada ajaib, Supra X 125 Yunani ini punya banderol nggak main-main. Pasalnya Supra X 125 ini dibanderol 2.800 euro atau sekitar Rp 48,6 jutaan (kurs 1 euro = Rp 17.358 pada 1 September 2020). Ngeri juga harganya, mengingat banderol Supra X 125 Indonesia yang hanya 20 jutaan saja versi CW.

Infonya sih, Honda Supra X 125 Yunani ini adalah produk lokal Yunani, bukan hasil impor dari negara lain. Bisa jadi karena biaya tenaga kerja mahal, demikian pula bahan baku dan segala macamnya, termasuk imbas resesi Yunani sono, alhasil mengatrol biaya produksi kendaraan. Melesat deh harga jualnya, hehehe

Honda Supra X 125 Yunani tersedia dalam 1 varian saja, yaitu versi CW alias velg palang, dengan 2 pilihan warna, yaitu merah Energertic Red, dan hitam Quantum Matte Black.

Semoga berguna

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s