Honda Goldwing makin manjakan pengendara, tersambung android

Pagi masbro…

Honda Goldwing, salah satu jajaran motor yang aseli gede lansiran Honda, memang terkenal dengan tampilan khasnya serta kenyamanan yang diberikan, apalagi saat dikendarai jarak jauh.

Mesin 6 silindernya yang punya kapasitas 1800cc dan bertenaga lebih besar ketimbang Honda Jazz, mampu dengan mantap menghela motor gambot ini. Jok lebar dan empuk, sekedar lihat saja sudah terbayang kenyamanannya. Apalagi pas lihat tampilan dasbor, yang ajegile komplitnya. Nah, di Amrik sono, pada bulan Juli 2020 lalu, divisi Honda Amerika Serikat  mengumumkan bahwa mereka telah mengadopsi “Android Auto” Google untuk Honda Goldwing MY 2020.

Fitur Google Android Auto ini, dikembangkan untuk membantu pengendara Goldwing fokus pada handling alias memegang setang. Dengan menggunakan “Google Assistant yang berbasis fitur input suara,  pengendara dapat lebih mudah mengakses musik, media, dan aplikasi perpesanan lain tanpa melepaskan tangan dari setang. Sudah paham to, kalau memang di Honda Goldwing secara standar, sudah terinstall sistem audio.

Honda Gold Wing telah berkembang sebagai model andalan pabrikan sayap mengepak,  selama lebih dari 40 tahun sejak diluncurkan seri pertama “Gold Wing GL1000” di Amerika Serikat pada tahun 1975.

Sekedar informasi, sebelumnya, Goldwing di Amerika Utara pada bulan Oktober 2017 juga sudah mengadopsi “Car Play” Apple sebagai sepeda motor untuk pertama kalinya . Maklum, pengguna smartphone apel krowak ini memang dominan disana. Aplikasi Apple untuk motor ini , juga sudah dilengkapi dengan layanan khusus yaitu fungsi navigasi yang membantu dalam berkendara yang nyaman selain fungsi standar lain seperti operasional menyambungkan dasbor motor dengan gadget rider.

Rider yang bakal menggunakan Goldwing 2020, juga akan memperoleh benefit lain yaitu dapat memperbarui berbagai perangkat lunak untuk menggunakan berbagai layanan aplikasi yang terhubung antara gadget dan dasbor si GL 1800, seperti pemutaran musik, fungsi navigasi, juga panggilan dan pesan

Alhasil, akses navigasi yang jamak dilakukan melalui gadget seperti melalui Google Maps, Waze, atau sejenisnya bakal lebih mudah karena bisa tampil di dasbor motor tanpa perlu menyentuh gadget. Wis, kayak mindah  HP ke dasbor motor deh. Namun, sebagai layanan tambahan, Honda akan tetap menyediakan dudukan smartphone pada setang Honda Goldwing MY 2020.

Ih, jadi ngeces.

Semoga berguna

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s