Ini dia, tips supaya aki serta batere remote Honda PCX150 lebih awet

Pagi masbro..

Kecanggihan teknologi masa kini terus dibenamkan pada fitur motor, termasuk produk Honda. Beberapa tipe skutik Honda, telah dilengkapi dengan teknologi terkini, yaitu Honda Smart Key. Yaitu fitur utama untuk menghidupkan mesin sebagai pengganti kunci konvensional, dengan sebuah remote mungil.

 

Selain sebagai pengganti kunci kontak, ada fungsi lain si remote Honda Smart Key (HSK) ini. Yaitu sebagai perangkat keamanan immobilizer motor, answer back system untuk mencari posisi motor saat parkir di keramaian, serta pengaktifan alarm sebagai pengaman motor.

HSK ini, terdapat pada beberapa skutik, diantaranya Honda PCX 150. Nah, ada  trik nih, supaya aki motor yang sudah dilengkapi HSK tidak lekas tekor, serta batere pada remote HSK tidak cepat habis.

Caranya, ternyata sederhana saja nih. Yaitu membatasi interaksi antara remote dengan motor. Lho???

Yups, pembatasan interaksi remote dengan motor ini, bisa menghemat konsumsi daya 2 arah, yaitu daya pada aki motor serta daya batere remote. Penjelasan dari pihak AHM, meskipun kondisi motor sedang dalam posisi mati mesin, dan OFF kelistrikan, ternyata bila jarak antara remote dan motor hanya 2 meter atau kurang, masih terjadi komunikasi antara motor dan remote. Yaitu komunikasi melalui gelombang radio alias wireless. Komunikasi inilah yang ternyata menguras daya pada aki motor serta batere remote.

Padahal, sangat bisa jadi, contoh nih saat parkir di rumah, kondisi ini kerap terjadi dalam waktu lama, semalaman. Meski nggak terasa, namun bisa memperpendek umur aki motor serta batere remote. Repot kan kalau daya keduanya melemah? Yang jelas, si motor PCX150 pasti susah, bahkan nggak bisa dinyalakan.

Triknya untuk hemat daya, sangat sederhana. Ada 2 pilihan zebenarnya, yaitu menjauhkan posisi remote dari motor, atau mematikan si remote. Paling simpel sih, mematikan remote. Yaitu cukup dengan menekan tombol pada remote bergambar kunci, hingga lampu indikator menyala merah. Pada mode ini, remote berposisi OFF sehingga komunikasi dengan motor terputus.

Sedang cara kedua, yaitu menjauhkan remote lebih dari 2 meter juga bisa dilakukan, dengan meletakkan remote di tempat lain, yang berjarak agak jauh. Hanya saja, kebiasaan kita, termasuk saia nih, pasti posisi kunci motor, atau remote, ya nggak jauh dari motor. Entah di rak atau meja, yang biasanya rada dekat dengan parkir motor di rumah. Bisa diakali dengan meletakkan remote di kantong celana atau baju yang ada di kamar, yang biasanya rada jauh dari motor.

Nah, sederhana to, cara hemat aki PCX 150 dan batere remote-nya? Meski sudah dilakukan upaya ini, tetap kok, ada waktunya penyimpan daya ini diganti secara periodik. Aki serta batere remote, perlu dicek dan diganti dalam rentang waktu tertentu, yang ditandai dengan indikator aki pada panel dasbor Honda PCX 150 serta kedipan/nyala lampu indikator pada remote, yang menunjukkan pada pemilik, kondisi dayanya sudah melemah. Segera ganti ya, supaya tidak timbul masalah sata menggunakan motor.

Semoga berguna

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s