Beberapa keunikan Yamaha MT15, baru ngeh

Pagi masbro

Yamaha MT-15, yang sudah hadir di Malang Raya beberapa waktu lalu, memang punya tampilan dan aura yang gahar. Secara dimensi dan bentuk, menyiratkan desain khas motor gede, padahal , mesin yang digendong adalah 150cc

Dibalik tampang gaharnya, ternyata terselip beberapa printhilan yang unik pada sosok MT15 ini. Apa saja ya? Yuk, diulik bareng-bareng. Setidaknya, ada 2 item unik yang saia temukan saat ekplorasi unit Yamaha perdana di Malang ini. Dan kebetulan , lokasi yang nyempil, jadi tempat kedua item ini. Pertama, kunci jok.

Lubang kunci , untuk membuka jok , terletak pada kolong sepatbor belakang. Lokasi ini dipilih, kemungkinan karena faktor estetika. Penempatan lubang kunci pada bagian body belakang, mungkin akan mengganggu kemulusan penampakan body belakang, apalagi, bagian body belakang MT15 tergolong minimalis.

Makanya, ditempatkan di lokasi yang tersembunyi, yaitu di kolong sepatbor. memang rada perlu usaha ekstra, untuk menjangkau dan mengakses part ini. Perlu berhenti, lalu merogoh bagian kolong sepatbor, untuk bisa memasukkan anak kunci, guna membuka jok belakang.

Lalu, kira-kira, ada efek negatifnya nggak? secara nih, kolong sepatbor kan pasti sering kena kotor, mulai cipratan air hingga lumpur. Sepertinya sih, sudah ada usaha pbarikan untuk mencegah kerusakan si lubang kunci, dengan memberikan seal alias pelindung ekstra, Selain itu, lubang kunci itu dilengkapi pula dengan penutup khusus, yang bila tidak digunakan, akan otomatis tertutup rapat karena ada mekanisme semcam per/pembalik.

Lanjut, part ke 2. Kali ini, piranti elektronik, yang biasa disebut kiprok. Benda yang biasanya berbentuk kotak dna dilengkapi kisi-kisi atau sirip pendingin, berfungsi sebagai penstabil tegangan arus dan tegangan yang masuk ke aki. Biasanya, letaknya memang dipasang di sasis dan tertutup body motor. Kiprok yang berada di luar body, alias langsung terlihat, ya sering dihujat, berkaitan dengan estetika dan keamanan perangkat kiprok sendiri. Aman nggak diletakkan disitu? Termasuk saat Suzuki mengadopsi peletakan kiprok GSX150 series yang berada di sisi kiri motor dan terlihat jelas. Lha pada Yamaha MT15 ini, posisinya bener sih, nggak terlihat. Namun, agak rawan

Rawannya, jelas potensi konslet kena air dan kotoran dari roda belakang. Letaknya berdampingan dengan lubang kunci jok, persis di kolong sepatbor belakang.

Kalau infonya sih, tetap aman karena perlindunganĀ sealant yang maksimal pada bodi si kiprok serta pada sambungan kabel-kabelnya. Tapi tetep sih, menurut saia pribadi, kok rada resiko ya? Pandangan mata wong awam nih

Last, baru nemu 2 part yang unik pada Yamaha MT15 ini. Maklum, baru ketemu motornya ya sekali itu di dealer. Beda dengan blogger dan vlogger lain yang berkesempatan lebih dulu tahu dan bisa ekplorasi sekaligus.

Semoga berguna

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s