Bersih-bersih maksimal, lepas engine cowl Honda New CB150R

Pagi masbro..

Honda New CB150R, pada tipe khusus yang dilabeli Special Edition atau SE, memang punya beberapa perbedaan dengan varian standart. Sebut saja adanya pemasangan visor pada area diatas lampu depan / headlamp , kelir velg yang berbeda serta adanya engine cowl alias tutup mesin sisi bawah

Memang sih, perbedaan tersebut berpengaruh pada harga jualnya yang sedikit diatas varian standart. Khusus engine cowl ini, memang bikin tampilan area tengah bawah jadi lebih padat, sekaligus menahan sedikit cipratan kotoran dari roda depan. Nah, dibalik fungsinya tersebut, ternyata menimbulkan problem. Yaitu, karena sisi bawah mesin tertutup, jadi saat mencuci rada kesulitan, terutama menjangkau daerah yang tertutup si engine cowl.

Karena itu, kapan hari saia coba melepas si engine cowl punya bleki, dengan tujuan untuk membersihkan area di baliknya. Dan ternyata, nggak susah kok melepas si EC ini. Cukup berbekal kunci L yang ada dalam toolkit bawaan Honda New CB150R, si EC dengan mudah dilepas.

Pertama, kendorkan baut L sisi kanan, yang posisinya dekat pedal kick starter. Putar saja sampai lepas , karena nggak bakal copot kok.

Lalu, lanjutkan membuka baut L sejenis di sisi kiri, Yang ini, letaknya di sisi kiri, dekat tuas persneling.

Beres melepas 2 baut ini, tinggal melepas penahan terakhir, Yaitu ada 2 klip penahan yang terikat ke barket ke sasis/rangka. Klip penahan sisi kanan, ada dekat leher knalpot bawah. Dorong saja si EC kedepan, nanti bakal lepas klip penahan yang masuk braket.

Selesai, tinggal yang sisi kiri. Sama, tinggal didorong atau ditekan ke depan, bakal copot deh. Dan taraa…sudah terlepas deh engine cowl NCB.

Kini, bisa dilakukan acara bersih-bersih area mesin bawah secara lebih maksimal, karena nggak terhalang lagi. Setelahnya, tergantung selera sih, mau dilepas dulu sementara atau langsung dipasang lagi. Kalau dilepas, jadi mirip sama NCB standart nih, hehehehe, nggak ada engine cowl-nya.

Semoga berguna

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s