Review (nggak lengkap) aki motobatt di Honda (old) CB150R

Pagi masbro..

Setahun yang lalu, sekitar bulan November 2017, saia sudah membuat artikel tentang review penggunaan aki maintenance free (MF) Motobatt bertipe MTZ6S pada motor saia, Honda (Old) CB150R lansiran 2013.

Nah, karena satu dan lain hal, nih motor, si ciput, beralih kepemilikan :mrgreen: Persisnya, sekitar Desember 2017, si ciput sudah pindah domisili, dipakai adik ipar saia. Semenjak itu, karena memang tempat tinggal yang rada berjauhan plus kesibukan masing-masing, jadi jarang ketemu deh. Ketemu dengan si ciput lagi, terjadi pas pertemuan keluarga, sekitar bulan Maret 2018 silam. Saat itu, kondisinya masih sama seperti dulu, hanya rada dekil karena sering diajak jalan jauh sama pemiliknya 😆 

Plus cerita, tentang sudah bergantinya aki Motobatt dengan Aspira. Lho?? Iya, ternyata, karena performa menurun drastis , yang diawali dengan kurang stabilnya setrum, Mr E pemilik baru ciput, melengserkan Motobatt. Dengan alasan efisiensi, bertukar-lah ke merk Aspira ke salah satu toko aki. Karena jam terbang lumayan tinggi dan padat, nggak mau beresiko di jalan, makanya diganti baru. Kok ya kebetulan sama nih, dengan aki si bleki NCB :mrgreen:

Meski nggak tahu kondisi sebenarnya, nggak sempat mengukur tegangan si Motobatt, Mr E memutuskan ganti sekalian. Keluhannya, kadang-kadang starter elektrik rada susah, apalagi kalau habis nongkrong nggak nyala mesinnya 2-3 harian. Hmm..sepertinya, beneran mulai menurun performa si Motobatt ini.

Sayangnya, pas saia tanya nota pembelian, supaya tahu kapan ganti aki secara sah buat bukti, sudah hilang katanya. Plus, fisik si Motobatt juga sudah lenyap, karena pada saat proses pembelian, dijadikan tukar-tambah/trade-in. Dihargai sekitar 10 ribuan, memotong harga beli aki baru Aspira tersebut. Oalah…

Walhasil, nggak bisa review maksimal nih ceritanya, lha wong barangnya sudah nggak ada :mrgreen: Yang jelas, masih menurut Mr E, penggantian dilakukan pada awal tahun 2018, bulan Januari. Hmm…kalau dihitung sejak awal saia pasang Motobatt di ciput, yaitu bulan Oktober 2015, umur nih aki adalah 2 tahun lebih 3 bulanan. Singkat?? Bisa iya bisa nggak, secara saia berharap, minimal bisa mencapai umur 3 tahunan. Tapi, mengingat durasi tempuh si ciput yang memang sejak berganti pemilik lumayan melesat tinggi, bisa jadi salah satu  faktor menurunnya kemampuan Motobatt MTZ6S ini. jarak tempuh jauh,otomatis kelistrikan juga menyala lebih lama, termasuk lampu-lampu dan klakson sehingga sedikit banyak menguras tenaga aki.

Last, kesimpulannya, daya tahan aki Motobatt MTZ6S pada Honda (Old) CB150R punya saia ini adalah 2 tahun lebih 3 bulan. semoga berguna ya..

Advertisements

2 comments on “Review (nggak lengkap) aki motobatt di Honda (old) CB150R

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s