Ganti sendiri filter udara si bleki, Honda New CB150R

Pagi masbro..

Merawat kuda besi tunggangan sehari-hari, nggak selamanya kudu diserahkan mekanik atau ke bengkel. Ada kalanya, beberapa kerjaan ringan seperti stel rantai, ganti kampas rem atau lainnya, bisa kok dilakukan sendiri di rumah saat waktu luang. Termasuk yang saia lakukan pada si bleki, NCB150R.

Kali ini, yang saia lakukan adalah penggantian suku cadang, berupa filter udara. Benda berbahan dasar mayoritas kertas dan kombinasi plastik/karet ini, merupakan piranti vital dalam kendaraan. Sering dipandang remeh dan sepele. Padahal, fungsinya malah penting banget buat motor, karena berfungsi menyaring kotoran dalam udara yang dihisap mesin, seperti debu, partikel kotoran dan lain sebagainya.  Seiring usia pakai, fungsi dan kinerja filter udara ini tentu akan menurun. Hal ini karena selain usia pakai bahan kertas yang dipakai, juga kondisi udara sekitar yang dihisap oleh mesin motor. Khusus filter udara berbahan dasar kertas, seperti punya New CB150R, memang nggak bisa dicuci, alias kudu diganti. Beda dengan beberapa jenis filter yang berbahan spons/busa. Nah, apa saja nih peralatan yang dibutuhkan, untuk acara mengganti sendiri filter udara NCB150R ini?

Nggak ribet ternyata masbro. Yang dibutuhkan hanya 3 benda saja. Yaitu filter udara baru (pengganti), obeng plus serta kunci kontak Honda NCB :mrgreen: Kunci kontak untuk membuka jok, obeng plus untuk membuka tutup kotak filter udara dan jelas, filter baru penggantinya yang saia tebus beberapa waktu lalu disini

Cuzz….Kita mulai yuk. Eh iya, buat yang males mbaca, monggo, silakan, bisa dibuka video berikut

Langkahnya, langsung deh buka jok Honda New CB150R, dan akan ditemukan penutup kotak filter udara di ujung bawah tangki. Ada corong alias belalai penghisap pokoknya. Buka 2 sekrup pengunci dengan obeng plus.

Lalu tarik penutup kotak filter  udara hingga lepas

Cara melepas filter udara, cukup menekan kebawah 2 pengunci di bagian atas kotak. Klik..klik..bakal copot deh, dan filter udara bisa dilepas.

Tarik keluar, dan amati deh. Ajib kan kotornya??? Nih, bandingkan dengan filter udara yang baru saia beli kapan hari itu

Untuk mengganti , siapkan filter yang baru. Sobek bungkusnya, dan siap dicemplungkan ke kotak filter udara. Jangan sampai terbalik ya, karena nggak bakal bisa terpasang. Sisi yang ada 2 pengunci, yaitu yang dibingkai karet, ada di posisi luar atas.

Posisikan klip pada ujung sehingga masuk ke coakan di ujung depan kotak filter, lanjut dengan mendorong si filter baru ke arah atas hingga terkunci pada klip. Sampai bunyi klik, dan beres.

Tinggal selesaikan dengan memasang penutup moncong kotak filter, lalu kencangkan 2 sekrupnya. Selesai deh. Tinggal jajal dan rasakan performa motor yang kembali standart, lebih lega, lebih responsif karena filter bersih, nggak tersumbat oleh debu dan kotoran yang menempel.

Sekian artikel DIY, mengganti filter udara Honda New CB150R yang simpel dan eces banget. Semoga berguna

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s