Modifikasi Honda Tiger street tracker

Pagi masbro..

Motor keluaran rada lawas, yah, sekitar 10 atau 15 tahun yang lalu, punya 2 kemungkinan tindakan oleh pemiliknya. Yaitu dijual untuk ditukar dengan keluaran baru atau, malah dirawat. Pilihan merawat pun ada 2 nih, mau dibuat standart ala keluaran pabrikan atau sebaliknya, dimodifikasi total habis-habisan.

Rupanya, cara ke 2 ini yang dipilih pemilik Honda Tiger lansiran tahun 2002 ini. Tiger , yang awalnya punya gaya cruiser alias penjelajah, kini berganti rupa. Hilang deh sosok khasnya yang kalau saia bilang desain bodinya lumayan gak ngebosenin.


Semua cover bodi dilepas termasuk tangki. Ya karena, mulai dari rangka nggak luput dari proses kustomisasi. Dipotong, ditekuk, dilas, semua dilakoni untuk mengejar tampilan street tracker. Usai merubah sasis, tangki mulai didudukkan pada rangka supaya pas. Berbahan plat, tangki bikinan sendiri bengkel custom ini bentuknya mengacu pada tangki Honda CB750. 

Tangki pas, tinggal menyambungkan alur dengan pembuatan jok. Nah, si jok ini juga istimewa, karena bisa berganti model. Bergaya single seat ala sembalap jaman dulu dengan penutup buntut tawon, atau mau bonceng gebetan, bisa dengan melepas cover jok belakangnya. Toh, footstep belakang untuk pembonceng masih terpasang.

Suspensi depan, supaya lebih gagah, menggunakan sokbreker depan Yamaha Byson. Diameter sokbreker yang 41 mm, dirasa bisa dongkrak tampilan depannya apalagi lebar segitiga sudah bertambah karena penggantian segitiga atas bawah/letter T custom. Baru deh, roda menyesuaikan. Yaitu menggunakan velg alumunium Sprint XD ukuran 350-17 depan dan belakang, dilanjut dengan pemasangan ban model klasik donat berukuran 400. Tromol, masih dipercayakan bawaan Tiger.

Sokbreker belakang juga masih andalkan bawaan Tiger, hanya penggantian girset dengan yang baru supaya lari si motor nggak kedodoran memutar ban gendut. Sisi mesin dibiarkan standar, nggak ada penambahan kapasitas. Sebatas penggantian karburator dengan PWK kotak berukuran 26 supaya asupan BBM lebih banyak dan pelepas gas buang dengan knalpot custom berngaran damar yang sukses dengan model simpel klasik plus suara menggelegar.

Lampu depan, adopsi trend yaitu dipasang model daymaker. Asik banget nih model lampu satu ini. Dikombinasi lampu sein variasi sementara di belakang, lampu LED flexible terpasang rapi minimalis. Tapi berfungsi lho ya, baik lampu malam, rem maupun sein depan belakang. Tertib lalu lintas nih, termasuk pemakaian spion variasi model jalu bulat yang terpasang pada setang jepit.

Panel dashboard gaul dengan menggunakan produk variasi berngaran Koso. Digital dengan fitur lengkap, dihiasi lapisan krom yang bikin tampilan jadi mewah. Asyiknya, ada modifikasi pada sistem kelistrikan nih. Starter, selain bawaan Tiger yang ada kickstarter dan electric starter, juga ditambah dengan remote. Menyalakan mesin nggak perlu ribet, hehehehe. Jarang-jarang nih tampilan rada klasik namun punya fitur elektronik macam gini. Sederhana sih, namun kena banget.

Nah, bisa jadi inspirasi kan, buat yang bingung punya tunggangan lawas? Semoga berguna

Advertisements

3 comments on “Modifikasi Honda Tiger street tracker

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s