Modifikasi Honda BeAT kompresor udara

Pagi masbro..

Sepeda motor, bagi sebagian besar pemilik dan penggunanya, termasuk saia nih, adalah penunjang aktifitas mencari nafkah. Memudahkan dalam perjalanan ke tempat kerjaan adalah salah satunya. Fungsi lain, adalah membawa barang. Terbayang kan, dengan jarak tempuh lumayan jauh, membawa barang pula. Kalau nggak ada motor, beuh…ribet

gambar : google

gambar : google

Ada pula yang memfungsikan motor sebagai sarana mutlak mencari nafkah. Contoh gampang ya rekan-rekan ojek, baik online maupun offline, eh, ojek konvensional maksudnya.

Nah, pas tempo hari sowan ke pulau Jakarta, nguli nih, didekat salah satu stasiun KA terbesar, sai menemukan pemandangan menarik. Biasa, insting jepret jalanan nongol lagi. Ada sebuah Honda BeAT keluaran awal, itu lho, yang masih pakai karburator. Berkelir biru, dengan tampilan ada tambahan barang di bagian belakang terbungkus plastik hitam.

Masih ada pula tambahan selang yang menjulur dari benda tersebut, mengarah ke samping kanan motor, dimana sebuah mesin terpasang persis diatas knalpot. Tertarik sekaligus penasaran, saia pun mendekat. Clingak-clinguk nggak ketemu pemiliknya, entah kemana. Lagi ngopi barangkali. Akhirnya saia beranikan diri menjepret bagian motor yang unik ini.

Usut punya usut, ternyata Honda BeAT ini dipergunakan sebagai peralatan tambal ban. Info ini saia dapat dari seorang penjual asongan yang mangkal didekatnya. Jadi , pemilik motor berprofesi sebagai penambal ban. Lha benda besar yang ada di buritan belakang motor, adalah tangki penampung udara. Pemasok angin adalah sebuah mesin kompresor yang ada di sisi kanan motor. Uniknya, penggerak kompresor tersebut adalah memanfaatkan putaran roda dari si motor. Bingung? Nih..

Jadi, untuk memutar kompresor, dibuatlah sebuah perantara roda pada as kompresor dengan bahan karet. Roda karet kompresor ini, disentuhkan langsung pada tromol belakang velg BeAT. So, begitu roda belakang motor berputar, maka juga akan secara otomatis memutar as kompresor dan mengisi angin alias udara.

Supaya ketika motor dipakai berkendara nggak terus-terusan memutar as kompresor, pemilik membuat sebuah mekanisme pemutus. Bila dipakai mengisi angin, maka roda karet kompresor akan turun posisinya sehingga akna bergesekan denag roda motor. Sebaliknya, bila tidak dipakai mengisi angin kompresor, posisi si roda akan bebas, tidak menggesek tromolnya. Ajib nih..

Last, kali ini, fungsi motor sebagai alat pencari nafkah benar-benar dimaksimalkan oleh pemiliknya. Kreatif sekaligus manfaat.

Semoga berguna

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s