Dimodifikasi ala Ruckus, Suzuki Skywave ini samar identitasnya

Pagi masbro..

Modifikasi dalam posting kali ini adalah skutik. Skutik keluaran Suzuki yang sekarang sudah discontinue alias nggak diproduksi lagi, yaitu Suzuki Skywave. Kalau nggak salah ingat, sekitar tahun 2011 nih skutik sudah stop produksi dan digantikan oleh yang lebih fresh  , yaitu Suzuki Hayate 125.

Terbilang cukup langka karena sangat  jarang tampak wira-wiri di jalanan, ternyata nggak membuat eman (sayang ) si pemilik. Langsung saja ditelanjangi dan dimutilasilah  skutik ini, dipreteli habis tinggal menyisakan sasis/rangka dan mesin saja. Keseluruhan body sudah nggak dipakai sama sekali, karena tujuannya memamng mengekspose tampilan rangkanya. Makanya, rangka dipercantik dengan pengecatan ulang, tetap dengan warna standar, hitam. Sebelum dicat ulang, rangka juga masih dipoles ulang. Pemotongan sebagian rangka dilakukan, sehingga lebih pendek dan ringkas. Alhasil, jok yang  bisa dipasang juga jadi lebih  pendek. Ala single seat :mrgreen:

Bagian bawah jok dan atas mesin, tampak resik melompong, karena sudah tidak penutup apapun. Ya cuma besi rangka itu saja, karena tangki penampung bahan bakar juga sudah dicopot.Lha terus kemana tangkinya? Pindah  masbro, ke bagian dek bawah.  Bagian rangka bawah, atau dek, dilapis dengan plat bordes, yang mengkilap. Selain sebagai landasan tumpuan kaki pengendara, juga menutup sisi bawah dan berfungsi sebagai wadah penampung BBM. Weh, nggak kentara ya??

Bagian dada atau tameng depan, dibuatkan ulang dari plat dengan bentuk rada menggembung. Sisi belakang dek depan ini, bisa difungsikan sebagai boks tempat meletakkan barang kecil, layaknya skutik jaman sekarang. Lalu, sepasang lampu depan bulat berukuran besar, nongkrong di depan dek. Duduk manis terikat pada braket besi berbentuk pipa, yang kokoh terpasang pada rangka depan. Selain sebagai dudukan headlamp, juga dipakai sebagai dudukan sein depan serta plat nopol.  Setang, jelas pakai setang telanjang, yah sejenis sama punya Honda BeAT Street ataupun Yamaha X-Ride. Demikian pula panel spidometer, pakai produk variasi yang terpasang rapi di tengah-tengah setang.

Roda, masih gunakan diameter umumnya skutik, yaitu 14 inci. Pakai velg variasi bermodel palang ganda, dengan ukuran yang lebih lebar dari velg standart. Makanya, ban gendut bisa masuk pas di velg ini. Kaki-kaki jadi berubah kekar nih.. Jok pengendara berlapis kulit, tampak mungil dibanding tampilan keseluruhan motor. Ya karena seperti diawal tadi, menyusut ukurannya mengejar tampilan jok tunggal. Sisi mesin, hampir tak uda ubahan berarti selain melepas filter udara dan memoles ulang tampilan bak mesin. Knalpot saja yang berganti model racing, supaya lebih plong aliran gas buangnya sekaligus suara lebih sangar. Sudah? Yups, beres. Simpel kan? Tinggal klinong-klinong dipakai jalan dan jadi perhatian. Aman kok, semua perangkat termasuk spion lengkap terpasang. Yang jelas, pasti bikin penasaran yang melihat, karena basis skutik apa sama sekali hilang, tinggal embos Suzuki saja di bak CVT, heheheheSemoga berguna

 

Advertisements

4 comments on “Dimodifikasi ala Ruckus, Suzuki Skywave ini samar identitasnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s