Pasang nopol dibalik visor/windshield? Bakal ditilang lho

Pagi masbro..

Pabrikan sepeda motor di tanah air, semuanya memproduksi dan juga menjual sepeda motornya dengan terpasang semua kelengkapan yang disyaratkan oleh kepolisian. Wajib nih hukumnya, terpasang lampu depan belakang, lampu sein, spion, rem dan kelengkapan lainnya, termasuk nomor polisi disingkat nopol. Dudukan nopol di beragam sepeda motor yang beredar di tanah air juga bermacam-macam letaknya, tergantung model si motor. Yang jelas,  nopol HARUS terpasang pada sisi depan dan belakang dari kendaraan.Kebanyakan sih, kalau nopol belakang terpasang dudukan yang ada di sepatbor belakang. sedangkan nopol depan dudukannya ada dibawah lampu depan, meski ada juga motor tertentu yang letak dudukannya justru diatas lampu depan. Sebagai contoh, varian motor trail. Demikian pula motor sport berfairing, kebanyakan dudukan nopol ada menempel pada visor/windshield yang posisinya diatas lampu depan. Tengok deh Yamaha R15 VVA ini

Dudukan nopol yang menempel pada visor motor sport, seringkali dirasa letaknya mengganggu estetika, apalagi ukuran nopol sekarang terbilang rada besar. Malah ada yang bilang mengganggu aerodinamika motor sport berfairing. Walah..saia juga kurang ngeh ini. Makanya, banyak diantara pemilik motor sport berfairing, merubah tempat nopol depannya, meskipun ada juga beberapa yang malah nekat mencopot nopol depan dengan alasan tampilan. Yang dirubah, seringkali memasang nopol didepan mesin alias dibelakang sepatbor depan meski masih beresiko tak nampak dari pandangan karena lokasinya dibawah.

Ada juga yang menyelipkan si nopol di balik visor depan, terutama yang masih pakai visor bening transparan. Yang rada ogah pakai nopol bawaan, mengubah nopol menjadi agak kecil sehingga bisa diselipkan di balik visor. Bahkan ada juga lho yang menggantinya dengan stiker berupa kombinasi angka dan huruf nopolnya.

Nah, sebenarnya, tindakan ini tidak dibenarkan dalam peraturan lalu lintas secara resmi. Dasarnya, adalah Peraturan Kapolri (Perkap) No 5 Tahun 2012. Nah lho, sudah lama kan sebenarnya, sejak 2012. Perkap ini, merupakan pelengkap dari UU No

Perkap No 5 Tahun 2012 pada Pasal 39 angka 6, mengatur jelas tentang nomor polisi ini.

Yaitu ” TNKB (nopol) dipasang pada bagian sisi depan dan belakang pada posisi yang telah disediakan pada masing-masing ranmor (kendaraan bermotor). Kalau secara singkat dan gamblangnya, dijelaskan bahwa pemasangan nopol ya harus pada dudukan yang telah disediakan oleh produsen si kendaraan.

Pabrikan memang wajib menyediakan tempat (dudukan) untuk pemasangan nopol baik di depan maupun belakang kendaraan. Hal ini juga merupakan salah satu syarat teknis untuk bisa memproduksi dan mendistribusikan kendaraan bermotor di tanah air. Makanya, coba masbro dan mbaksis amati, semua kendaraan baik R4 maupun R2 dengan beragam model, pasti punya dudukan nopol depan dan belakang. Wajib itu dilengkapi oleh pabrikan.

Hanya saja, kemudian beralih posisi atau berganti model, merupakan inisiatif dari pemilik kendaraan dengan beragam alasan. Jadi, kalau secara legalitas, hal ini tidak diperbolehkan oleh pihak kepolisian dan sanksinya jelas, yaitu tindakan tilang.

Nah, untuk menghindari hal ini, monggo, silakan kembalikan fungsi dudukan nopol di depan dan belakang sepeda motor masbro dan mbaksis. Bila kurang suka desain si nopol, boleh kok dicat ulang dan dipercantik, asal tidak merubah warna, jenis angka dan huruf, ukuran angka dan huruf serta ukuran si nopol. Misal, platnya dipertebal–dicat ulang dengan cat fosfor pada angkanya, boleh kok, asal itu tadi, tidak merubah fisik si nopol.

Nggak apa-apa deh, motor rada nggak gaul karena pakai nopol gede di jidat (visor), tapi aman karena nggak melanggar aturan lalu lintas. Daripada motor gahar dan gaul, tapi kena tilang? Pilih mana hayo?? 😆

Semoga berguna

Advertisements

One comment on “Pasang nopol dibalik visor/windshield? Bakal ditilang lho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s