Impresi harian All New Yamaha X-Ride 125 (1)

Pagi masbro..

Beberapa hari yang lalu, admin blog ini mendapatkan kesempatan testride harian alias menggunakan sebuah skutik Yamaha untuk direview secara harian. All New Yamaha X-Ride 25 ini, merupakan unit testride dari PT Yamaha Roda Sakti Surya Malang. Nah, gimana rasanya berkendara dengan skutik yang mengusung tampilan skutik ekstrem?

Secara fisik, X-Ride 125 baru ini garis besarnya lebih stylish dan justru, sedikit berkurang kesan ekstremnya dibanding X-Ride generasi awal. Itu lho, yang matanya belo, bundar besar. Body New X-Ride 125 hilang sudah kesan ‘kasarnya’ , kini lebih ‘halus’ layaknya skutik lainnya. Nggak ada lagi guratan-guratan rada kasar khas motor yang mengarah ke motor petualang.

Yang jadi pembeda dengan skutik pada umumnya, salah satu adalah sepatbor depan yang bergaya ala motor offroad , rada panjang dan membengkok ke bawah ujungnya. Mirip versi mini sepatbor motor trail ya?Body belakang halus, dengan lampu belakang berbentuk mirip segitiga, tidak lagi bulat macam X-Ride lawas.  Lebih mirip ke MT-25 meskipun masih berisi bohlam, belum menggunakan lampu LED. Sementara area tengah , terlihat lenbih menggembung dengan aksen menyerupai huruf X. Didepan, sayap juga laiknya skutik modern, minus boks depan atau bagasi kecil yang biasanya ada di balik dek depan. Naik ke atas, setang fatbar yang lumayan lebar, terpasang dan sengaja ditonjolkan karena tidak tertutup kedok. Masih mirip X-Ride lama, setang telanjang dengan dasbor terpasang diatasnya.

Setang ini, bila dibanding dengan setang kebanyakan skutik lain, lebih panjang/lebar. Coba deh, saia bandingkan dengan  setang Honda Vario 110 punya istri. Hmm..lumayan bedanya. Saat diukur dari ujung setang/bandul, setang Vario punya panjang 66 cm sementara setang X-Ride 125 mencapai  angka 73 cm.

Indikator standar dan semuanya analog yang ada di dasbor. Yaitu odometer, spidometer, indikator lampu MIL, lampu ECO, lampu sein dan lampu jauh.

Lampu depan, kini bentuk bulat dengan berisi bohlam sudah ditinggalkan. Gantinya, bentuk dinamis yang notabene ada bau-bau moge Diavel bentuknya, terpasang berikut shroud atas di area depan X-Ride 125. Headlamp ini, selain sudah dilengkapi lampu DRL (Daytime Running Light) yang selalu menyala kala kontak ON serta lampu utama yang kini sudah pakai LED.

Mesin, punya kapasitas 125 cc. Berbasis mesin injeksi 125cc yang identik dengan Yamaha Mio M3, teknologi bluecore juga tersemat pada mesin X-Ride 125 ini yang diklaim lebih hemat alias irit BBM namun mampu menelorkan performa yang maksimal. Oh iya, sistem starter mesin, selain seperti lazimnya skutik yang perlu menarik tuas rem, juga ada tambahan sensor standar samping.

Buka jok, tersedia ruang bagasi yang modelnya rada melebar namun dangkal. Dangkal, karena sisa ruangan terpakai untuk tempat aki. Beda dengan skutik yang posisi akinya pindah ke bawah dek, sehingga ruang bagasi bisa lebih dalam.

Ban, aplikasi ban tipe aspal yang kembangannya mirip dengan Mio M3. Demikian pula velg CW-nya, identik dengan saudara bermesin sama 125cc, Mio M3. Ban ukuran 80/80 didepan serta 100/70 di belakang. Kurang terasa bedanya untuk sebuah skutik yang bertitel extreme ride. Bila saja ada sisi kreatif dari pabrikan dengan membuat beda, contoh pemakaian velg jari-jari berikut ban dual purpose, makin menguatkan kesan ekstrem-nya. Nggak usah deh ban pacul alias ban trail, ban dual purpose sudah cukup beda kok. Macam Aspira Premio Terrano, Swallow SB-117 atau lainnya. Jamin deh, makin eye catching.

Suspensi depan standar skutik, yang punya jarak main relatif pendek. Sementara sokbreker belakang, lebih advance karena sudah aplikasi model tabung oli terpisah. Klaimnya sih performa lebih baik daripada sokbreker konvensional/biasa. Hmm..jadi ingat sokbreker tabung yang juga dipasang pada Yamaha N-Max edisi terbaru nih. Bedanya, si X-Ride cuma sebiji, N-Max ada sepasang.

Lha, terus  impresi ridingnya gimana nih? Sabar, masih ada jilid 2 😆 Stay tune di aselimalang.com ya..

Advertisements

2 comments on “Impresi harian All New Yamaha X-Ride 125 (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s