Behel belakang berlapis karet, nyaman tapi hanya ada pada motor entry level

Pagi masbro..

Pabrikan sepeda motor, memang mengeluaran beragam model dan tipe motor, termasuk dengan kelengkapannya. Mulai varian skutik, bebek hingga motor sport alias motor laki. Nah, pasti sudah ngeh kan yang namanya handgrip atau biasa disebut behel belakang? Itu lho, besi eh, pegangan yang ada di bagian belakang. Biasanya sih, selain untuk pegangan pembonceng, juga untuk sebagai tumpuan kala memindah atau menggeser posisi motor.

Nah, pabrikan sepeda motor Honda, punya desain spesial untuk behel belakang di produk skutik dan bebeknya. Yaitu behel belakang berlapis karet tebal yang empuk dan nyaman dipegang tangan. Pertama kali saia temui, produk ini ada pada varian entry level bebek alias cub yaitu Honda Supra Fit X. Supra Fit X ini, merupakan facelift dari Supra Fit edisi lawas, yang punya desain bodi lebih sporty dan stylish dari sebelumnya. Lebih meruncing dengan mengusung mesin tetap, berkapasitas 100 cc berbasis C-100.

Behel karet ini, strukturnya memang tetap bahan logam, besi mungkin CMIIW pada bagian dalamnya. Kemudian, ditambahkan lapisan karet tebal yang empuk pada bagian luar, menyelimuti keseluruhan bagian behel dari ujungnya.

Nah, pada varian lain tidak ditemui tuh, kecuali pada varian skutik Honda BeAT. Edisi BeAT hingga keluaran terbaru, juga aplikasi behel karet ini.

Sementara varian bebek, karena Supra Fit sudah tidak lagi diproduksi, berganti Honda Revo yang mengggunakan behel karet ini. Terhitung, Revo FI keluaran terbaru juga masih terpasang behel karet ini.

Secara fungsi, sama saja sebenarnya, karena selain sebagai pegangan juga sebagai tumpuan pada motor. Namun, karena ada lapisan karetnya, saat dipegang dan ditumpu, terasa lebih nyaman dan empuk. Beda dengan bahan logam lain misal besi seperti model behel motor jaman dulu atau bahan babet/campuran alumunium seperti motor generasi baru sekarang. Misal nih, diaplikasi juga pada varian motor lain pasti bagus juga. Sebab, kadang, boncenger juga merasakan nyamannya behel belakang karena bisa jadi sebagai tumpuan, maaf, bokong saat duduk di jok belakang. Kalau behel besi, kan keras tuh, bisa jadi terasa gak nyaman. Tuh, sampe diganjal bantal kecil di gambar berikut, yang saia temui di jalan 😆

Meskipun sekarang model behel belakang sudah berganti, ala sport yang terpisah bagian kiri dan kanan, sering disebut behel model tanduk, kayaknya masih bisa deh dengan bahan yang nyaman seperti karet atau nylon ini, dan yang jelas, tidak mengurangi gagahnya tampilan. Coba varian lain juga pakai behel karet ya, enak juga barangkali. Tampilannya, bisa dibuat mirip tekstur ala-ala serat karbon biar tambah keren dan garang.

Semoga berguna

Advertisements

6 comments on “Behel belakang berlapis karet, nyaman tapi hanya ada pada motor entry level

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s