Modifikasi Honda CB150R Streetfire ala Streetfighter Buntung

Sore masbro..

Serem judulnya? Iya, ini judul memang aseli, disarankan sama sang narasumber sebagai judul modifikasi si naked, Honda Old CB150R. Motor gen awal nih. Di tangan bro Nanta, berubah banget dari wujud asli yang tergolong kalem saja. Iyes, kalem kayak ciput saia ini, hehehehe.

Paling mencolok dan menarik perhatian siapapun yang melihat motor masbro Nanta ini, adalah tampilan belakang. Motor yang aslinya double seat ini, berubah jadi egois. Hanya tersisa jok pengendara saja. Bagian buritan dipangkas habis, berikut sasis dan bodi belakang. Dikepras habis. Wedyan…

Sasis belakang dipotong mulai bagian tengah, lalu dibuatkan sasis baru dari pipa besi. Dibentuk ulang menyesuaikan buritan yang pendek, lalu ditutup dengan cover body custom. Weh, jadi pendek, ringkas dan nungging nih. Tampilan unik bagian belakang ini, makin gahar kala bersanding dengan roda kekar. Gak main-main, roda belakang mengalami perubahan total.

Roda asli yang tergolong cungkring 😆 dilempar jauh-jauh berikut swing-arm orisinal dan dudukan monoshock/link. Gantinya, sebuah swing-arm custom berdesain pro-arm alias lengan ayun tunggal. Widih… Pro-arm ini, masih memfungsikan monoshock bawaan, dengan membuatkan mekanisme link baru. Jadi, gan langsung duduk di swing-arm, layaknya monoshock biasa.

Pro-arm ini, dikawinkan dengan velg Enkei copotan dari mobil. Nggak ngeh, mobil apa:lol: Yang jelas, ukuran lebar velg 9,50 inchi dan diameter 18 inchi dengan model palang 5 dobel. Ban Michelin tapak super lebar dibalutkan pada velg Enkei ini. Ukuran 240/45 masbro, gede bener kan?? Lebar tapi profilnya tipis nih

Makin kelihatan gedenya roda belakang karena bodi belakang yang dibuntungi. Makanya judulnya Streetfighter Buntung, hehehehe. Beralih ke area tengah. Tangki orisinal dilapis cover tangki alias kondom. Lalu, crash bar custom dari pipa besi dikelir merah, mengawal sisi kanan dan kiri mesin standar CB150R. Standart ting-ting, hanya merubah sedikit knalpot yang dipendekkan saja. Bahkan, silencer juga masih bawaan Honda OCB.

Beralih kedepan. Headlamp asli dilepas, digantikan lampu depan Honda Revo lawas yang lancip itu. Lanjut dicustom dengan cover fiberglass. Sokbreker depan kini bertipe USD alias up side down. Copotan dari Minerva ini, juga masih dicustom lagi, sehingga bisa aplikasi dobel kaliper kanan dan kiri. Weh, cakramnya dobel nih, keluaran PSM yang terpasang pada tromol ruji/jari-jari OCB berlabel Zox. Lagi-lagi custom, karena tromol ruji ZOX itu, aslinya tromol belakang yang dipindah ke depan, dan awalnya hanya bisa dimasuki 1 cakram saja di sisinya.  Oh iya, kaliper kanan-kiri berlabel Nissin, makin jreng karena diwarna merah.

Lanjut…Segitiga pemegang sokbreker depan, custom dibuat sendiri. Desainnya lebih lebar, sehingga jarak antara sokbreker kanan-kiri agak jauh. Supaya apa? Supaya bisa pasang roda lebar juga… Velg Vrossy dengan lebar 4,50 inci akhirnya sukses masuk di depan, berikut ban gede keluaran Zeneos berukuran 160/60-17.

Sudah? Sebagian besar sudah. Pelengkap a.k.a aksesoris saja, macam baut-baut anodized, penggunaan footstep resing/underbone MotoGP serta pemakaian spidometer New CB150R. Jadinya,  seperti ini.

Yang jelas, modifikasi dengan aliran sesuai keinginan pemilik ini nggak pasaran. Mantap, karena seluruh desain dan ide murni dari bro Nanta sendiri. Pihak bengkel hanya mengerjakan sesuai keinginan. Dan juga, unsur safety dari pemakaian roda dan kaki-kaki gede masih dikedepankan. Tengok saja, ini motor ber roda gede ini, masih asyik dan stabil handlingnya kala dipake miring-miring ala cornering. Mantap kan? Meskipun sebenarnya, ban belakang kurang gede kata mas Nanta. Lebih gede lagi, bisa maksimal daya cengkeramnya ke aspal kala dipake mereng-mereng, eh miring. Sayang, berbanding lurus tuh sama harganya, hehehehe :mrgreen:

Oke, semoga artikel modifikasi ini bisa menginspirasi masbro sekalian. Semoga berguna

Advertisements

16 comments on “Modifikasi Honda CB150R Streetfire ala Streetfighter Buntung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s