Terbukti naik, total pajak tahunan si Ciput karena PNBP

Pagi masbro..

Beberapa hari lalu, tanggal 19 Januari 2017, adalah waktunya si ciput, Honda CB150R tunggangan saia bayar pajak tahunan. Jatuh tempo nih… Sebenarnya, kepingin sih ikut orang-orang, itu tuh, sebelum tanggal 6 Januari lalu, sebelum PP 60 tentang PNBP diberlakukan. Waduh, sampai antri sejak subuh tuh. Karena berbagai hal, saia bayar sesuai tanggal jatuh temponya nih. Setelah menyiapkan STNK aseli berikut KTP aseli juga, melipir ke Samsat Keliling kota Malang di Jl Bandung. Sudah mulai antri, meski mobil keliling ini baru beroperasi jam 9 pagi.

samsat3Skip..skip..segera antri,masih bertemu dengan bapak yang biasanya melayani. Basa-basi saia tanya sambil nunggu antrian, “siyos mundhak nggih pak?” Si bapak sambil senyum menjawab “Iyes mas…ditunggu mawon” . Ketika giliran saia tiba, hmm, ternyata betul, ada kenaikan biaya yang harus saia bayar. Sebelumnya, biaya pajak tahunan ciput adalah IDR 262.500 plus sumbangan wajib dana kecelakaan/SWDKLLJ sebesar IDR 35.000, sehingga total yang harus saia bayar tahun 2016 lalu sebesar IDR 297.500pkb4Nah, kemarin, setelah dicek online oleh bapak petugas tadi, dengan lantang disebutkan, “Mas Andy, pajak Honda CB150R disiapkan IDR 322.500”. Waakkss… :mrgreen:

pkb1Untung nih, sambil berangkat tadi, karena saia perkirakan bakalan naik karena ada tambahan PNBP sebagaimana informasi disini, sempat minta tambahan ke bendahara rumah :mrgreen: Weh, naik nih tagihan rutin tahunan si ciput. Sambil menunggu dicetak, saia tanya-tanya lagi sama bapak petugas, pak Trimo. “Iya mas, ada tambahan PNBP yang kemarin heboh itu, nih, coba sampeyan cek saja” sambil memberikan print out pajak tahunan.

Setelah menerima print-out pembayaran PKB dan membayar, saia cek sekilas, asal identitas sesuai punya saia dan gak tertukar dengan milik orang lain, saia segera pamitan ke pak Trimo dan balik kantor. Maklum, itu tempat Samsat Keliling berjubel, penuh antrian masyarakat yang hendak membayar pajak. Sampai di kantor, baru saia sempatkan meneliti, dimana sih kenaikan yang membuat bengkak pajak? Ternyata memang betul, ada tambahan slot, eeh, pembayaran PNBP pengesahan tahunan sebesar IDR 25.000. Berikut perbandingan antara slip PKB tahun 2017 (atas) dan PKB tahun 2016 lalu (bawah). Tahun lalu tidak ada itu PNBP, makanya dikasi tanda XXXX

pkb2Nah, totalnya memang bertambah (baca : naik) kan??? Kalau pajak tahunan tidak ada kenaikan, tetap tercantum IDR 262.500. Begitu pula dana SWDKLLJ juga tetap IDR 35.000. Ditambah PNBP IDR 25.000. Pas deh, IDR 322.500

pkb3Sebagai warga negara yang baik sih, saia tetap patuh bayar pajak, meski terkadang, sesal itu ada. Yang dibayar naik, tapi jalan yang dilewati kok juga naik ya, jumlah lubangnya?? :mrgreen: Ah, sudahlah, wewenang sing ngatur negoro iku (wewenang yang mengatur negara ini)

Sekian, semoga berguna ya..

Advertisements

12 comments on “Terbukti naik, total pajak tahunan si Ciput karena PNBP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s