Efisien dan praktis, tombol panel Honda CBR250RR

Pagi masbro. Yuk bahas motor seperempat liter produk PT AHM, Honda CBR250RR (lagi). Ada yg bilang mendekati moge, ada yang bilang mocil 250cc,macem macem deh. Kalo saia pribadi sih, 2 silinder dengan kubikasi 250 cc, sudah lebih dari cukup, mengingat berjubel motor dengan spesifikasi dibawahnya.

rrDibalik gantengnya si twin silinder ini, ada beberapa pernik unik, yang dipasangkan pabrikan pada panel motor ini. Sekilas sih biasa saja, ternyata, menyimpan sisi praktis dan ringkas. Salah satunya, tombol lampu di holder kiri. Dalam 1 switch alias 1 saklar ini, selain high dan low, juga merangkap pass beam/lampu dim.

switch1Saat mesin hidup, headlamp sudah langsung menyala, kan AHO. Kalau mau menyalakan lampu jauh, cukup tekan ke atas itu switch. Mungkin, saat melewati daerah yang sepi dan gelap, kan perlu penerangan lebih. Lha kalau cuma mau menyalakan lampu dim/passing ketika menyapa kawan, atau memberi kode kendaraan didepan ketika hendak menyalip, tinggal tekan switch lampu ini kebawah. Saat jari dilepas, alias tidak ditekan lagi, seperti umumnya switch passing beam, dia akan balik normal ke posisi semula. Posisi tombol pass beam yang biasanya ada di bagian depan switch lampu, kini ditempati oleh tombol mode riding, yaitu untuk merubah setting mesin, yaitu mode Comfort, Sport atau Sport++

switch3Tombol starter elektrik juga sama, selain sebagai electric starter juga engine kill switch. Tergabung dalam 1 switch. Kalau ditekan ke bawah, untuk electric starter, nah, kalau ditekan ke arah atas, untuk engine kill, alias mematikan mesin.

switch2Ringkas dan komplit kan? Cara efisien yang tidak menurunkan fungsi dari masing-masing tombol, yang sebelumnya, selalu berdiri sendiri-sendiri alias terpisah. Hmm, yang kurang keyless-nya nih, hehehhehe…sekalian maksudnya

Semoga berguna

Advertisements

4 comments on “Efisien dan praktis, tombol panel Honda CBR250RR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s