Imbas PNBP naik, PT MPM tetap optimis penjualan stabil

Pagi masbro..

Sebagaimana sebelumnya ramai informasi di berbagia media, termasuk disini nih, naiknya biaya yang harus kita bayar saat pengurusan surat legalitas merupakan imbas dari pemberlakuan PP No 60/2016 tentang PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Baik itu mengurus pajak tahunan, perpanjangan 5 tahunan maupun STNK?BPKB motor baru.

stnk-dan-simEfeknya buat motor baru ya jelas, pasti harga jual juga terkerek naik, lha wong biaya pengurusan surat legalitas mulai STNK, BPKB hingga plat nopol/TNKB juga bertambah. Ini merupakan efek beruntun. Pasti demikian yang tergambar dalam benak masyarakat atau konsumen alias calon pembeli motor. Bagi dealer utama /main dealer sepeda motor, bisa jadi memicu kekhawatiran. Tapi tidak buat beberapa main dealer. Contoh saja, PT Mitra Pinasthika Mustika (MPM) , yang merupakan main dealer sepeda motor Honda untuk kawasan Jawa Timur dan NTT ini.

Presdir PT MPM Suwito mengatakan bahwa pihaknya melihat kenaikan biaya pengurusan administrasi kendaraan yang tertuang dalam PP No 60/2016 adalah dalam hal pengurusan surat-surat kendaraan bermotor. “Kalau harga motornya tidak terlalu pengaruh,” kara Suwito.

mpm-pressBeliau lantas menjelaskan bahwa harga motor baru Honda, rata-rata berada di kisaran harga Rp 16 juta. “Tiap tahun, rata-rata ada kenaikan pajak kendaraan sekitar 5 % dari Dinas Pendapatan Daerah. Jika dihitung-hitung maka untuk motor baru kenaikannya sekitar Rp 310.000,” kata Suwito.

Adanya kenaikan tersebut, lanjut dia, maka dinilai tidak terlalu signifikan bagi konsumen. Sebab jika dihitung secara total termasuk harga kendaraan motor baru, kenaikannya sekitar 2 % saja.

“Harapan kami, nanti di tahun 2017, penjualan akan tetap lebih baik dibanding tahun 2016,” terangnya.

Suwito menambahkan, pihaknya tetap optimis bahwa penjualan akan bisa naik 5 % di tahun 2017. Di tahun 2016 PT MPM berhasil menjual 915.000 unit motor Honda. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 2,5 % dibandingkan tahun 2015. Secara nasional, MPM memberikan kontribusi penjualan motor Honda sekitar 20 %. “Bagaimana pun, kami harus tetap berupaya agar daya beli konsumen lebih baik,” tukasnya.

Nah, masih ragu, buat yang mau tebus motor baru?  Semoga berguna..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s