Lebih dekat Ambulance R3 Happy

Bingung ya sama judulnya? Nggak usah bingung masbro. R3 itu,maksudnya bukan R3 mobil, tapi motor roda 3. Yups, kali ini, bahas motor niaga produksi Happy Motor, Malang. Di artikel lalu, sudah sempat saia singgung tentang varian motor niaga ini. Pabrikan Happy, memang menyiapkan beberapa model motor niaga. Versi standar pabrik, hanya dibekali dengan bak terbuka. Untuk basis motornya, ada 2 macam. Sepeda motor dengan mesin tegak alias sport, berkubikasi 200 cc. Mesin motor sport ini dengan bentuk layaknya motor laki, yaitu sokbreker depan panjang, serta tangki didepan. Sementara jenis lain, bermesin persis bebek. Tanpa kopling manual, dengan 4 percepatan.Desain bodi, sekilas mirip motor matik, karena tidak ada tangki di depan. Mesin berkapasitas 125 cc, dengan karburator.

happybak

Kembali ke topik, membahas ambulance. Motor roda 3 ini, mengambil basis motor sport/laki. Tipenya adalah Perkasa 200NX. Mesin berkubikasi 200 cc, berpendingin cairan alias pakai radiator. Tapi, di bagian blok slinder, masih terdapat kisi-kisi udara, layaknya motor berpendingin udara/non radiator. Wah, dobel nih sistem pendinginnya. Panel spidometer seperti biasa, penunjuk kecepatan bersanding dengan takometer. Sistem pasokan bahan bakar masih andalkan karburator, dan dobel starter, elektrik siap, kick start juga ada. Kopling manual serta mempunyai 5 percepatan serta 1 gigi mundur.

ambulans6Bodi depan, ada panel bodi dan atap serta kaca depan berikut wiper untuk membantu melindungi pengendara dari terpaan angin dan hujan. Berasa mobil nih, tapi masih terbuka, jadi semriwing kena angin, hehehehe..

ambulance2Yang asyik, karena tipe ambulance, ada penambahan aksesoris yang hingga sekarang masih digemari, yaitu sirine dan slampu rotator/trobo 😆 😆  Panel sirine dan lampu rotator, ditempatkan di bagian atas kaca depan, sehingga mudah dijangkau oleh pengendara. Tinggal pencet tombol saja, toooot..tooot…nguiiiiiiing, sudah lengkap pula dengan mikrofon yang siap meminta prioritas jalan pengguna jalan lain.

ambulans1

ambulans2

Kalau lampu rotator, seperti biasa, terpasang di bagian atas alias atap. Warna merah dan biru

ambulans3Beralih ke belakang. Ada sebuah kabin mungil, yang sebenarnya merupakan versi modifikasi box belakang. Dilengkapi kaca kanan-kiri serta belakang, dan ada sistem ventilasi udara dengan menggunakan fan/kipas. Didalam kabin, dilengkapi sebuah brancar, alias tempat tidur pasien, komplit dengan sabuk pengaman khusus. Di sebelah brancar, disiapkan sebuah tempat duduk khusus tenaga medis, untuk mendampingi pasien serta melakukan tugasnya, pertolongan pertama. Versi standar, tidak ada kelengkapan medis lain, tapi, bila ada permintaan, pihak Happy siap melengkapi kabin dengan peralatan medis, seperti tabung oksigen, tensimeter, dudukan infus hingga alat pacu jantung. Yang jelas, penambahan peralatan medis adalah pesanan khusus.

ambulans9Hmm, paket yang lumayan lengkap untuk sebuah sepeda motor ambulance. Yang pasti, jelas terlihat gesit kala melewati kemacetan maupun jalan sempit karena dimensi R3 ini jauh lebih kecil daripada mobil ambulance biasa. Tapi, tentunya, ada yang dikorbankan, yaitu menurunnya kenyamanan pasien. Jelas, tidak senyaman kabin mobil ambulans roda 4. Semua ada positif-negatif memang. Betul?? Tinggal tambah kelengkapan peralatan penunjang kehidupan/medis, lengkap sudah ambulance ini.

ambulance1Ada yang berminat? Bisa kontak langsung ke Happy Motor nih, kalau hendak bertanya-tanya soal spesifikasi dan harga. Semoga berguna

Advertisements

3 comments on “Lebih dekat Ambulance R3 Happy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s