Cadas … cara ekstrim membuat roda ruji/jari-jari

Dapat kiriman foto dari sedulur, pemilik OCB. Sebuah penampakan foto, yang sebenarnya terlihat biasa saja. Yaitu, penampakan roda Honda Tiger Revo, yang diubah menjadi ruji alias jari-jari. Tidak aneh sih, melihat modifikasi seperti itu. Yang awalnya ber velg CW/racing, diubah jadi ruji/jari-jari , ataupun sebaliknya. Yang bikin takjub dan membuat saia geleng-geleng adalah teromolnya masbro. Cek gambar dibawah ini.

tromol revo5Seperti biasa, pembuatan roda versi SW alias spoke wheel alias ruji atau jari-jari, membutuhkan sedikit kerumitan. Karena, perlu merakit tromol, dengan jari-jari dan velg-nya. Maklum, semuanya kan terpisah, tidak utuh seperti velg CW atau velg racing, yang jadi satu antara tromol, jari/palang dan velg-nya. Nah, di Tiger Revo ini, tromol ruji terpasang bukan tromol variasi atau aksesori, yang biasa dijual di pasaran. Bukan juga pesanan alias custom, dari rumah modifikasi. Tetapi, itu adalah hasil kerajinan tangan pemilik Honda Tiger Revo ini. Yups, sang owner membuat sendiri tromol depan belakang Tigernya. Bahannya? Velg CW orisinil/asli Honda Tiger Revo!!! Lho, kok bisa? Iya, beliau pakai cara yang menurut saia lumayan sadis. Yaitu membabat alias memotong palang dari velg CW-nya. Lalu sisa potongan disingkirkan berikut tapak velgnya, disisakan bagian tromol saja.

tromol revo1Lanjut. Bagian tromol yang tersisa, dibor, dibuatkan lubang-lubang untuk ruji/jari-jari, sebanyak 36 buah. Wow….ajib bukan???

tromol revo2Untuk tromol depan juga sama, dipotong bagian palangnya, kemudian, dibor 36 lubang untuk memasang jari-jari

tromol revo3

Velgnya, untuk depan memakai DID ukuran 2,15 ring 17, dengan ban FDR Genzi 90/80-17. Sedang velg belakang, sama, DID juga, berukuran lebih lebar yaitu 2,50 ditutup ban yang sama, FDR 100/80-17.

revoUpaya kreatif dari pemilik nih. Hanya, yang jadi pertanyaan, apakah tidak mengurangi kekuatan dari tromol itu sendiri?? Secara, memotong palang, akhirnya meninggalkan lubang besar sisa dudukan palang velg-nya….

tromol revo1Mungkin, ada baiknya dipertimbangkan, modifikasi yang lebih aman. Memang, kualitas barang orisinil pabrikan, beberapa lebih baik dari barang aksesoris/variasi. Tapi, kalau masih dimodifikasi lagi, misal dipotong seperti modifikasi diatas, saia yakin mengurangi kekuatannya, karena dari pabrikan sudah dihitung kekuatan tromol berikut palang dan bagian bibir velg-nya, terutama karena palang velg merupakan penyangga.

Tidak semua barang aksesoris/variasi selalu kurang bagus. Ada beberapa yang memang kualitasnya lebih rendah dari barang orisinal. Contoh saja, tromol variasi yang retak setelah dipakai beberapa lama. Gambar berikut saia ambil dari google

teromol variasi yamaha mioTapi, banyak juga kok barang aksesoris yang berkualitas. Tinggal bagaimana kita sebagai konsumen memilih. Barang bagus, gak selalu mahal, tapi barang mahal, juga gak selalu bagus. Bingung? Pegangan aja masbro..hehehhee. Intinya, tetap kedepankan sisi keamanan/safety saat memodifikasi kendaraan masbro. Jangan sampai mengorbankan fungsi, keamanan dan kenyamanan atas nama modifikasi.

Hidup modifikasi….

Advertisements

18 comments on “Cadas … cara ekstrim membuat roda ruji/jari-jari

  1. betul, secara teori akan ada penurunan kekuatan dibanding rancang bangun aslinya

    itulah seni modifikasi. kalo ga mau tanggung resiko ya jangan main modifikasi.
    secara umum coba deh tanya yang pernah merubah tunggangannya ( secara ga langsung disebut modifikasi ) makin nyaman kah atau ada “sesuatu ” yang dikorbankan ?

    kalo ane liat ( maaf sekedar kacamata umum ) sih tetep lebih safety dengan tromol modifikasi seperti ini dibanding beli tromol cetakan / CNC yang belum pasti ketahanannya.

    ane liat modifikasi ini udah lumayan lama dicetuskan teman-teman yang main CB, Dan sampai saat ini ame belum ketemu / liat foto tromol modifikasi diatas yang bermasalah

    Like

  2. Selama ane jadi tukang setel peleg, n beberapa kali nyetel peleg model ngunuiku aman” aj gan… cos sisi yang di coak itu masih ad yg nyambung… n coba agan” pikir tromol bubut model gitu sama tromol standar roji, mnurut ane sih aman” aj pake tromol mode bubut, asalkan tromol tirev’ ori.

    Like

    • Habis dipotong palangnya, kan sisa bagian tromol saja. Nah, itu dilubangi pake bor sejumlah jari2..36. Selanjutnya, tinggal rakit jari2. Tukang stel velg ahlinya :mrgreen:

      Like

  3. aman bro jangan khawatir ane pake ng trail bontang banting juga aman gak da masalah… malah ana beli yg trombol toko mau masang laher juga udaancur

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s