Minim perawatan, cakram belakang Honda CB150R bisa jadi gelang

Semangat Senin…

Dapet gambar via teman-teman grup, share aja disini. Kayaknya, dulu banget, dah pernah rame soal cakram yang hancur karena gak diganti-ganti kampasnya. Ini ada lagi, di Honda CB150R. Cakram belakangnya, sampe protol alias lepas, kemungkinan besar juga karena minim perawatan, kampas rem habis gak diganti-ganti. Alhasil, pad yang tinggal besi doang, beradu dengan piringan cakram, yang besi pula. Bagus deh hasilnya…

IMG-20151115-WA0119Bagus yak, sampe habis gitu 😆 Kalo lihat kondisi cakram dan motor, komentar macam-macam sih. Kebanyakan, ya menuding karena kurang perawatan, sampe dekil gitu 😉 . Terbayang, ganti cakram belakang deh, belum lagi kalo kondisi kaliper juga rusak.

Selalu cek kondisi motor Anda ya masbro. Dekil, kotor itu biasa, asal semua perangkat masih berfungsi normal dan kondisinya layak pakai. Ya menjamin keamanan saat berkendara, juga bisa sedikit berhemat. Yah, minimal lihat sekilas kondisi kembangan ban, ketebalan kampas rem depan-belakang, ketegangan rantai dan volume oli mesin. Paling mudah sebenarnya, cek ketebalan kampas rem,lewat ketinggian cairan minyak rem di tabungnya. Bila volume minyak rem terlihat menurun, perlu dicurigai kampas rem mulai tipis, karena minyak rem, pada ngendon alias terkumpul di bawah. Tepatnya, di kaliper, karena piston kaliper terus nongol, mendorong kampas rem yang menipis. Simpel aja kan?? Asal tidak ada kebocoran saja di jalur slang rem, tips ringan ini lumayan akurat kok.

Semoga berguna

10 comments on “Minim perawatan, cakram belakang Honda CB150R bisa jadi gelang

  1. Pingback: Piringan Cakram Belakang Bisa Rontok Seperti Ini, Kenapa ? | ARIPITSTOP

Leave a comment