Kenapa sih doyan panteng lampu jauh?

Pagi masbro..

Persoalan lampu depan yang ini memang nggak ada habisnya. Berkali-kali dibahas di berbagai platform segala macam, tetap saja nyaris setiap berkendara, kita berjumpa dengan makhluk yang doyan manteng lampu jauh

Pabrikan, menyediakan tombol di semua kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor untuk merubah arah sorotan lampu depan berdasar kebutuhan. Ingat, KEBUTUHAN

Continue reading

Balada si lampu biru, kadang bikin silau

Pagi masbro..

Semua sepeda motor yang beredar di tanah air, pasti deh sama pabrikan alias sang produsen sudah diberikan semua kelengkapan agar sesuai peraturan lalu lintas dan juga untuk keselamatan baik sang pengendara maupun orang lain. Diantaranya yang jelas terpasang lampu depan belakang, lampu sein depan-belakang, spion, piranti pengereman juga termasuk panel dasbor, yang biasa kita sebut spidometer

Sebenarnya, nggak hanya spidometer alias pengukur kecepatan saja. Disitu biasanya standar minimal juga ada  indikator bahan bakar, odometer/pengukur jarak, lampu indikator sein, lampu indikator gigi netral dan lampu indikator lampu jauh/pass-beam/hi-beam. Makin canggih, sekarang panel dasbor sepeda motor makin lengkap dengan beragam indikator seperti MIL, indikator temperatur mesin dan lainnya. Kali ini, saia mau bahas indikator lampu jauh nih, alias hi-beam. Umumnya, indikator di panel dasbor ini berwarna biru dengan simbol lampu yang menyorot lurus. sudah sejak jaman jebot jaman dulu, nih indikator nggak mengalami perubahan

Indikator satu Continue reading

Ternyata sepele saja alasan selalu memakai lampu jauh

Ada sebiji Honda Vario 125 milik teman kantor saia. Keluaran pertengahan 2014. Nah, setiap kali barengan di parkiran karyawan, kok berasa silau nih mata saia, kena sorot lampu depan si V125? Secara.nih motor sudah AHO..
Sebelumnya, emang jarang saia perhatikan. Baru kapan hari itu, saia pelototin, kenapa sih silau pake bangets.

high beam Continue reading

Hilangkan switch lampu jauh sepeda motor, setuju nggak?

Hai masbro en mbaksis, apa kabar? Sebelumnya, ijinkan saia, meski telat :mrgreen: , mengucapkan “Selamat Idul Fitri 1436H, Mohon maaf bila perilaku selamaa ngeblog dan berinteraksi dengan nawak-nawak semua di dunia maya maupun di dunia asli, banyak kesalahan….maapkan yak

Back to topik. Lampu jauh (high beam), merupakan salah satu komponen utama yang menunjang keselamatan berkendara. Namun di sisi lain, ketidaktahuan pengendara, justru bisa membuatnya jadi bumerang yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.
Masih banyak pengendara yang belum paham dan seenaknya memakai lampu jauh setiap kali perjalanan malam. Padahal bukan itu fungsinya, malah hal tersebut bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

high beamSorot lampu jauh bisa Continue reading