Honda CB150R konsep Neosportcafe

Pagi masbro..

Lagi-lagi, modifikasi kali ini adalah Honda┬ánaked yang gak ada matinya. CB150R series. Garapan tangan kreatif om Yusa Firdaus, pemilik 902 Garage. Dulunya sih lebih dikenal dengan Gado-gado Tapak Lebar nih lapaknya si om ­čść

Berbasis Honda (old) CB150R alias generasi pertama CB150R. Ah, jadi ingat si ciput..

Supaya tampangnya kekinian, dan nggak malu-maluin, dirombaklah si motor ini. Nih motor adalah tunggangan pribadi om Yusa , dengan panggilan sayang si Cemen. Udah tak terhitung berapa kali dirombak nih. Cek aja beberapa artikel lawas terdahulu disini, karena memang si om satu ini rutin merombak tampilan CB-nya :mrgreen:

Kali ini, gaya yang diadopsi adalah Neo Sport Cafe. Memadukan Continue reading

Lampu lalulintas berkedip-kedip? Simak makna kedipannya

Pagi masbro..

Lampu traffic light , disingkat saja TL, mulai anak-anak, pasti sudah paham. Warnanya ada 3 yaitu merah, kuning dan hijau.  Warna lampu pada lampu lalu lintas mewakilkan peraturan lalu lintas dan pemberitahuan kepada pengguna jalan. Pada kondisi normal, masing-masing nyala lampu berwarna pada TL punya kodefikasi tertentu yaitu :

  • Ketika lampu merah menyala, peraturan yang berlaku saat itu adalah pengguna jalan yang menggunakan jalur jalan di hadapan lampu merah harus berhenti.
  • Ketika lampu hijau menyala, peraturan yang berlaku adalah pengguna jalan harus melintas (jalan) melewati lampu lalu lintas.
  • Sedangkan saat lampu kuning yang menyala, artinya pengguna jalan harus bersiap akan perubahan peraturan dari wajib berhenti menjadi wajib melaju (jalan) atau sebaliknya.

Tapi tahu nggak masbro dan mbaksis, ada kalanya, pada kondisi tertentu, nyala lampu TL ini disetting berkedip-kedip, kira-kira apa maksudnya?Berkedip warna kuning atau berkedip warna merah? Continue reading

Jajal, mesin changing tire dan balancing di AHASS

Pagi masbro..

Proses mencopot atau melepas ban dari velg, sudah jamak digunakan mesin yang namanya┬áchanging tire,┬áatau mesin pelepas ban. Dengan mesin ini, selain mengefisienkan tenaga manusia ­čść , juga efek sampingnya, lecet pada velg akibat congkelan bisa diminimalkan. Kan biasanya dicongkel manual tuh

Di beberapa bengkel resmi pabrikan, sudah banyak yang mempergunakan mesin changing tire ini. Meski belum tahu, apakah memang sudah distandarisasikan oleh pabrikan pusat atau gimana. Saia menjajal mesin ini, di salah satu bengkel AHASS di Malang, yaitu Asia Motor Pakisaji. Kalau alatnya sih, sudah lama tahu ada disitu. Bahkan komplit sekaligus dengan mesin balancing velg juga lho. Nah, ini mencoba sekaligus bikin dokumentasi dan ilmu baru buat saia pribadi. Ndeso? Kudet? Biarin :mrgreen:

Pertama, Continue reading

Ini penjelasan, kena denda saat keluar jalan tol

Pagi masbro..

Jalan tol, alias jalan bebas hambatan, merupakan salah satu fasilitas “plus” buat pengguna jalan, yaitu kendaraan beroda 4 atau lebih. Melalui jalan tol, dengan harga tertentu, fasilitas yang diperoleh jelas beda dengan jalan biasa non tol, seperti jalan yang lebih mulus serta waktu tempuh yang lebih singkat.

Namun, tentunya tetap ada aturan yang wajib dipatuhi selama menggunakan jalan tol. Seperti batas kecepatan minimal dan maksimal, muatan serta penggunaan lajurnya. Nah, pernah nggak memperhatikan yang kayak gini?

Yups, ternyata ada Continue reading

Honda SH150i MY 2020, banyak ubahannya ternyata

Pagi masbro..

Di even EICMA 2019, Honda merilis versi update terbaru dari skutik elegannya, yaitu Honda SH. Sekedar info nih, di Eropa sono, Honda SH ada 2 varian, yaitu SH125i dan SH150i

Saia ketemu Honda SH150i pertama kali ya di Malang. Memang rada kurang populer ini skutik, meski produk global. Kembali ke tulisan, mendapat beberapa update, skutik yang bagai pinang dibelah kampak antara SH125i dan SH150i, tetap tampil elegan untuk lansiran 2020.

Paling kentara, adalah posisi headlamp yang berubah. Dulunya, lampu depan duduk manis di setang laiknya motor bebek, kini berpindah ke Continue reading

Otrahum DR-01, siap direview

Pagi masbro..

Buat bikers, entah yang suka turing jauh, turing dekat atau yang keseharian naik motor, pasti nggak mungkin nggak kenal piranti pelindung tubuh. Selain nambah keren tampilan pengendara :mrgreen: , kelengkapan berkendara ini juga berfungsi maksimal melindungi tubuh pengendara dari terpaan angin, panas, hujan dan rasa rindu :halah

Helm, celana panjang, jaket, sepatu dan sarung tangan adalah hal mutlak yang wajib dikenakan bikers. Modelnya sih macam-macam, sesuaikan saja dengan keperluan dan selera. Kalau saia pribadi sih, buat harian, biasanya helm-jaket-celana panjang dan sepatu. Khusus jaket, nggak perlu yang kelewat tebal buat harian, karena dengan cuaca terik macam musim ini, pasti kurang nyaman. Perlu jaket riding harian yang nyaman, punya sirkulasi udara serta kalau bisa berpelindung. Setelah artikel tahun duluuuu membahas Contin Provoke, disini, kali ini adalah produk asli Malang yang saia ulas.

Sebungkus, eh, terbungkus plastik transparan, sebuah jaket riding lansiran anak muda kota Malang mendarat di meja kerja. Siap diulas detail

Awalnya, Continue reading

Tidak peduli kondisi motor, bisa membahayakan yang lain

Pagi masbro..

Sepeda motor, merupakan salah satu penyambung kaki, alias sarana transportasi yang cukup vital bagi kebanyakan orang. Karena bentuk ringkas dan efisien, sangat bermanfaat menunjang aktifitas sehari-hari, termasuk bekerja.

Karena dipakai setiap hari, sedemikian sibuknya sang pengguna, sehingga kadang lalai mengecek kondisi motornya. Nggak usah muluk-muluk cek kondisi oli mesin, atau kampas rem. Bagian luar motor, atau sekujur bodi kendaraan saja, nyaris tak terjamah adalah hal lumrah

Namun, soal sepele bisa jadi masalah. Seperti motor yang ketemu saia kemarin pagi di jalan raya. Sekilas, nggak ada masalah dengan Yamaha Vixion hitam edisi awal ini. Resik, bersih, ditunggangi seorang Continue reading

Yamaha Tracer 700 versi 2020 siap mengaspal

Pagi masbro..

Di penghujung tahun 2019 ini, banyak pabrikan motor yang getol merilis produk barunya. Terutama versi global nih, nggak hanya lokal

Salah satunya Yamaha. Pabrikan garputala ini, telah memperkenalkan Yamaha Tracer 700 versi 2020. Bai de wei, nih motor yang basisnya ambil dari Yamaha MT-07 ini, memang tampil lebih garang ketimbang versi tahun 2019

Noh, sorot matanya lebih tajam. Gegara Continue reading

Honda Gyro elektrik, motor listrik untuk transportasi barang

Pagi masbro..

 Honda Jepang rupanya beneran serius , terus konsen, memperkenalkan armadanya yang berbasis motor listrik. yaitu dengan tenaga baterai yang menggerakkan motor listrik. Diklaim hemat energi dan ramah lingkungan.

Termasuk yang ini nih, skutik komersialnya yang punya roda 3. Honda Gyro. Honda Gyro banyak dimanfaatkan sebagai armada pengangkut barang yang lincah dan praktis di perkotaan. Dengan tampilan unik, 2 roda di belakang plus tatakan barang.

Diberi label Honda Gyro-e, nih motor adalah  varian elektrik dari skuter pengiriman Honda yang sudah ada sebelumnya. banyak seliweran di Eropa . Skuter ini, menggeser penggunaan mesin bensin 50cc, dengan baterai yang bisa dilepas. Macam baterai PCX Electric nih . meski baru akan diluncurkan pada Maret 2020 di Jepang, wujud Honda Gyro-e sudah banyak ditemukan di laman-laman otomotif . Continue reading

Kawasaki Ninja ZX-25R, si 250cc 4 silinder

Pagi masbro..

Setelah rame berhembus rumor tentang bakal nongolnya Ninin, eh, Ninja 250 versi 4 silinder, kemarin, rumor ini terpampang nyata

Yups..di gelaran Tokyo Motor Show, 23 Oktober 2019, resmi diperkenalkan, Kawasaki Ninja ZX-25R. Secara spesifikasi sudah berubah total nih. Paling kentara, ya mesinnya yang sudah 4 silinder sejajar

Kawasaki Jepang, rupanya nggak Continue reading