Yamaha All New NMAX 155 Connected/ABS, nyaman dan disukai millenial

Pagi masbro..

Terkenal dengan memiliki body yang bongsor, Yamaha All New NMAX 155 Connected/ABS merupakan salah satu skutik premium keluaran Yamaha yang banyak digemari oleh masyarakat. PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ selaku main dealer motor Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, dan Nusa Tenggara membuktikan skutik ini didesain khusus untuk memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. 

Bukan tanpa alasan, All New NMAX 155 Connected/ABS yang menjadi andalan Yamaha di keluarga MAXI ini dibekali dengan fitur canggih. Salah satu fitur menarik yang menjadi keunggulan motor ini adalah communication control unit (CCU) yang memudahkan pengendara mengetahui informasi mengenai kondisi kendaraannya secara real time melalui aplikasi Y-Connect yang terdapat di smartphone

Continue reading

Tips pengecekan ringan kendaraan sebelum perjalanan, motor tetap optimal

Pagi masbro..

Sepeda motor, buat sebagian besar orang, memang jadi salah satu perpanjangan kaki. Yaitu sebagai sarana transportasi utama dalam beraktifitas mulai bekerja , aktifitas sehari-hari hingga berwisata.

Maka dari itu, dibutuhkan kesiapan kendaraan guna menunjang keselamatan pengendara serta menjaga kondisi motor agar tetap optimal. Kali ini, ada tips dari PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ saat melakukan pengecekan ringan kendaraan sebelum dikendarai. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan??

Continue reading

Aneka aksesoris orisinal Honda ADV 160, komplit berikut harganya

Pagi masbro..

Resmi diperkenalkan pada awal Juli 2022 lalu, Honda ADV 160 tersedia dalam 2 tipe dan 6 pilihan warna. Dan nggak hanya itu masbro, PT Astra Honda Motor (AHM) juga sudah menyiapkan beragam aksesori orisinal, atau biasa disebut HGA (Honda Genuine Accesories) spesial ADV 160.

Penasaran, apa saja sih aksesoris yang notabene PnP dan bisa dipasang sendiri oleh pemilik ADV 160?

Continue reading

CVT terawat, skutik pun nggak bakal ngadat dan aktifitas tak terhambat

Pagi masbro..

CVT atau yang biasa disebut sebagai transmisi otomatis memiliki peran penting bagi sepeda motor. Fungsi dari CVT sendiri yakni guna meneruskan putaran mesin ke roda belakang, guna membuat motor dapat melaju. Yah, kalau di motor bebek atau motorsport, ini adalah rantai berikut girset.

Nah, buat pengendara motor matik awam, wajib mengetahui bagaimana cara merawat roda belt atau Continuously Variable Transmission (CVT) pada kendaraan motor anda. Pasalnya, kalau nih CVT ngadat, ya jelas, motor nggak bakal bisa bergerak. Jadi terhambat kan?

Continue reading

Kapan wajib kuras dan ganti cairan radiator Honda CB150R

Pagi masbro..

Berdasarkan informasi yang dihimpun, cairan radiator atau coolant harus diganti atau dikuras paling tidak ketika kendaraan telah mencapai jarak tempuh 24 ribu KM atau dua tahun. Termasuk salah satunya dari buku pedoman pemilik Honda CB150R

Kenapa sih coolant harus rutin dikuras dan diganti? Sebab utamanya, karena si coolant ini juga punya masa pakai. Ketika usia pakai sudah melebihi ambang maksimal, maka secara fungsi meredam panas mesin juga pasti akan menurun drastis, sehingga dikhawatirkan, mesin kurang terlindungi dan mudah panas/overheat

Continue reading

Hayo, kenapa kebanyakan motor disini knalpotnya di sisi kanan?

Siang masbro..

Knalpot, adalah salah satu bagian vital kendaraan yang punya fungsi melepas gas buang dari mesin. Dengan beragam bentuk dan model, baik asli orisinal pabrikan atau modifikasi, sebagian besar kendaraan roda dua memiliki knalpot dibagian kanan.

Namun, pernah nggak kepikiran, semacam terbesit begitu, di pemikiran masbro dan mbaksis, kenapa nih mayoritas knalpot sepeda motor punya posisi di sebelah kanan motor? Nggak usah jauh-jauh, cukup motor Indonesia saja

 

Continue reading

Jangan sampe kejadian baru ngeh, beberapa sebab lampu motor putus

Pagi masbro..

Lampu motor merupakan salah satu piranti vital saat berkendara. Lha gimana enggak, komunikasi kita dengan pengendara lain di jalan selain menggunakan klakson, juga pakai lampu. Nggak mungkin kan teriak-teriak?

Barang yang sering kali dianggap sepele, padahal selain berfungsi menerangi jalanan pada malam hari, pengendara roda dua juga wajib menyalakan lampu utama pada siang hari. Wajib noh, karena faktor keselamatan, yaitu mudah dipantau olehkendaraan lain. Dan ancamannya, selain celaka, sanksi tilang juga menanti.

Continue reading

Perlu tahu nih, ada coolant yang perlu dicampur air dan beda perlakuan

Coolant, atau cairan pendingin mesin yang ditampung dalam radiator, kini merupakan barang lumrah pada sepeda motor masa kini. Meski sebagian besar sudah paham soal coolant, namun pada tahu belum, kalau nih cairan ada 2 macam?

Bukan merknya lho ya, namun jenisnya. Yups, meski ada beragam merk coolant, mulai merk bawaan pabrikan hingga merk bebas yang bisa ditebus di bengkel, ternyata jenis coolant ada 2 macam. Yaitu

Continue reading

Akhiri pro-kontra cuci motor saat mesin panas, berikut penjelasan singkat dan gamblangnya

Pagi masbro..

Mencuci motor menjadi sebuah rutinitas yang biasa dilakukan oleh pemilik kendaraan sepeda motor. Selain membuat kendaraan tampak lebih bersih dan kinclong, kegiatan ini dilakukan guna menghindari tumbuhnya jamur. Pekerjaan mencuci motor bisa dilakukan sendiri atau menggunakan jasa pencucian motor yang kini tersedia. Namun, ada beberapa hal yang harus dipahami sebelum pemilik kendaraan mencuci kendaraan. 

Namun sebuah dilema menghadang. Halah…bahasane… Yups, kadang keinginan bersih-bersih sesegera mungkin, dilakoni saat mesin motor masih panas. Yah, kadang mumpung semangat masih membara dan niat, hajar deh. Ada pro dan kontra sih, soal nyuci motor saat mesin masih panas. Dan kali ini, ada pencerahan dari Yamaha Jatim nih. Yaitu,

Continue reading