Sering gunakan soket charger di motor? Berikut tips merawat supaya nggak ngadat ala Yamaha

Sore masbro..

Kemajuan teknologi dan internet yang semakin pesat membentuk sebuah gaya hidup baru yang mengharuskan gadget kita selalu on. Menunjang kebutuhan mobilitas hidup masyarakat yang semakin terkoneksi dengan gadget, Yamaha mengaplikasikan fitur soket charger, atau nama resminya “electric power socket” pada sepeda motor Yamaha. Fitur ini dapat diandalkan pengendara yang aktif sebagai sumber arus listrik dalam segala kondisi, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh seperti touring.

Manfaat fitur ini dirasakan langsung oleh Jacky (23), sebagai pengguna motor Yamaha Gear 125 yang gemar travelling dan aktif berpergian dengan sepeda motor. “Smartphone sudah menjadi partner harian saya, selain untuk komunikasi kerjaan, alat pembayaran, dan cek rute jalan kalo saya berpergian. Sebelumnya saya kalo berpergian selalu bawa power bank, sekarang karena di motor saya ada tempat charging jadi saya tidak perlu bawa power bank lagi kalo berpergian jarak jauh. Untuk motor dengan harga yang terjangkau, fitur ini keren dan membantu sih,”ungkapnya

Namun, selain menunjang kebutuhan mobilitas pengguna sepeda motor Yamaha untuk tetap terkoneksi dengan gadget, pengendara tetap perlu melakukan perawatan yang tepat dan rutin untuk menjaga durabilitas fitur ini. Hal ini perlu diiringi dengan pengetahuan pengendara dalam merawat sepeda motor yang tepat.

1.    Pastikan Electric Power Socket selalu dalam kondisi bersih mencegah debu masuk kedalam yang menyebabkan penyumbatan arus listrik.

2.    Selalu tutup Electric Power Socket untuk mencegah korosi karena air yang masuk saat hujan atau mencuci motor. Yamaha Gear 125 memiliki Electric Power Socket dengan penutup karet untuk menghindari air yang dapat menyebabkan korsleting listrik dan memutus sekring. 

3.    Rutin membersihkannya, dengan cara di semprot menggunakan angin kompresor dengan tekanan rendah

4.    Selalu gunakan USB charger kit sesuai spesifikasi motor. Pada motor Yamaha Gear 125, dapat menggunakan USB charger kit dengan daya maksimum 12 volt dan arus 2 ampere agar dapat berfungsi normal.

5.    Sebagai perlindungan, hindari memasang perangkat elektronik di luar spesifikasi apalagi sampai merubah jalur kelistrikan, normal-nya jika terjadi korsleting maka sekring akan memutus arus secara otomatis.

Sepeda motor Yamaha dengan fitur Electric Power Socket pastinya memiliki standar yang sesuai sehingga tidak mempengaruhi performa motor. Yamaha juga menyediakan aksesoris USB charger Kit untuk motor Yamaha Gear 125 yang bisa dibeli pada Dealer Resmi Yamaha dan Toko Online Yamaha Motor Genuine Official. Jika terjadi kerusakan atau korsleting, pengendara hanya perlu mengganti sekring yang rusak karena korsleting hanya akan memutus sekring untuk bagian charger.

Semoga berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s