Modifikasi Honda Supra X125 custom, hasilnya elegan dan berkarakter

Pagi masbro..

Modifikasi, terutama yang custom, biasanya mencerminkan banget alias nongol ciri khas dari sang builder. Memang sih, tetap mengacu pada permintaan konsumen, tapi, sang modifikator piawai menyisipkan ciri khas garapannya, sehingga kala meluncur di jalan, bisa muncul sesuatu yang khas, beda dari hasil modifikasinya.

Salah satunya, adalah Enggal Modified. Bengkel custom sepeda motor di Banyuwangi ini, memang udah hype banget, punya ciri khas yang nggak ada di bengkel lain. Tengok saja Honda Supra X125 yang asalnya tampil kalem khas ‘Supra Bapak” jadi ala-ala street cub

Di tangan sang pawang, aura kalem dan elegan serta kokoh, muncul dari perawakan sang Supra yang mengambil model ala motor klasik, C series. Supra karbu ini, dipreteli habis, menyisakan rangka dan mesin. Dibuatkan bodi baru yang mirip “kakeknya” C-70 dengan bahan logam. Terbayang kan, proses nekuknya supaya menghasilkan dimensi bodi klasik namun kekar melebar ini?

Bodi menyatu dari tengah hingga ke belakang yang berakhir di spatbor pendek. Bentukan khas meliuk indah, dengan komposisi single seat alias jok tunggal. Di tengah, leg shield bermodel separo, yang laiknya jama Supra X, sayap luar bsia dilepas, menyisakan sayap tengah yang menutup underbone. Posisi tangki tetap di bawah jok, dengan pengunci khusus.

Pemakaian velg CW bertapak lebar sekaligus ban gede ini cukup menguras pikiran, karena harus diimbangi penggantian lengan ayun bermodel pipa yang jauh lebih lebar, supaya si roda gambot bisa masuk. Selain itu, juga harus mikirin dudukan sokbreker belakang yang juga kudu lebih ngangkang, supaya pas dan presisi sehingga nggak mengorbankan kenyamanan dan stabilitas motor. Tuh, detil kan?

Demikian pula di area depan, yang mempertahankan sepasang sokbreker teleskopik, yang dimelarkan jaraknya dengan segitiga custom.Alhasil, lagi-lagi roda besar bisa masuk sempurna dan mendongkrak kaki si Supra jadi kekar. Aplikasi lampu bulat klasik yang dipadu teknologi kekinian LED, serta bungkus setang ala-ala C-70, cukup jadi pembeda kepala sang Supra. LED bulat dengan 3 mata, dirasa lebih dari cukup menyinari masa depan, eh, area depan saat berkendara di malam hari.

Sisi mesin dibiarkan standar, hanya menyesuaikan saluran gas buang dengan knalpot custom bikinan sendiri. Yang asyik, ada ubahan pada rem belakang. Awalnya, dengan rem tromol, diubah menjadi cakram itu biasa. Yang nggak biasa, adalah ubahan pada panel tuas rem belakang, yang dipindah ke setang, nggak lagi di pedal kaki sebelah kanan laiknya motor bebek. Weh, kaki kanan santai nih, nangkring aja di footstep. Kalau yang kiri, tetaplah, untuk menekan tuas persneling yang tinggal separo, gayanya ala motorsport yang bermodel injak-cungkil

Laburan kelir hitam doff jadi pamungkas. Dipadukan beberapa polesan krom mengkilap di bak mesin, lengan ayun, footstep, standar serta sokbreker, jadi mantesi, elegan. Nggak berlebihan kilapnya. Dan satu lagi, ciri khas adalah pemasangan ornamen berbahan kuningan. Tengok saja aksesoris pada dasi setang, logo sayap mengepak di bawah jok, cover gir depan dan beberapa bagian panel bodi. Pemakaian bahan aksesoris kuningan ini, jadi ciri khas Enggal Modified.

Gimana, ganteng elegan kan? Beda dong dengan lainnya…klasik tapi pakai velg palang, alias CW, ban besar pulak

Semoga kepingin

One comment on “Modifikasi Honda Supra X125 custom, hasilnya elegan dan berkarakter

  1. Pingback: Modifikasi Honda Supra X125 custom, hasilnya elegan dan berkarakter - Jatimotoblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s