Prosedur pakai sarung tangan saat pandemi, tetap #cariaman ya

Pagi masbro..

Pandemi virus corona ini, memang secara kurva masih belum melandai. Pertumbuhan pasien yang terpapar virus ini, masih cukup tinggi. Makanya, seiring perlahan mulai masuk masa transisi, dalam beraktifitas tetap memproteksi diri. Masker adalah benda wajib saat keluar rumah untuk bekerja atau aktifitas lain. Demikian pula, cairan pembersih tangan atau jamak disebut hand sanitizer juga wajib dikantongi.

Prosedur cuci tangan, juga menjadi hal yang diwajibkan. Nah, buat bikers nih, sarung tangan alias gloves, membuat prosedurnya jadi sedikit berbeda. Sarung tangan penuh ini, satu sisi bermanfaat dobel. Selain melindungi keseluruhan jari tangan dari benturan atau gesekan, juga melindungi dari sentuhan dengan grip gas secara langsung.

Parkir motor di beragam area , beresiko motor dipegang-pegang jukir atau orang lain. Soal kesehatannya, yah, kita nggak tahu juga, tuh orang yang pegang stang motor kita, habis pegang apa saja. Apakah sehat juga orang tersebut kita juga nggak tahu.

Yang dikhawatirkan, bisa saja tuh, virus nempel di grip gas motor kita. Kan nggak terlihat itu virus. Begitu kita pegang , bisa jadi pula beralih dan menempel. Makanya, perlu siap sedikit effort alias usaha ekstra. Sederhana saja sih tipsnya.

Sebelum memasang dan mengenakan glove, ada baiknya kita mencuci tangan hingga bersih, baru deh dipakai. Tentunya, keringkan dulu yaa tangannya supaya nggak lembab dan membuat rentan jamur kulit.

Lha kalau pas berkendara, atau mampir-mampir  ke banyak tempat dan nggak ada lokasi cuci tangan? Ini nih, siapkan selalu hand sanitizer kemasan kecil di kantong celana atau jaket.  Usai parkir dan hendak mengenakan glove silakan bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer 

Biasanya, lebih cepat kering malahan ketimbang air, karena banyak bahan dasar hand sanitizer adalah alkohol. Usai tangan bersih, silakan deh pakai itu glove

Ada satu lagi nih. Yaitu, jangan bawa glove yang habis dipakai ke dalam rumah. Bisa diamankan dengan dibungkus kantong plastik, lalu taruh deh di bagasi motor atau box. Siap untuk digunakan lagi keesokan harinya. Nggak punya bagasi atau wadah penyimpanan? Bolehlah, taruh kantong plastik dan dimasukkan tas bawaan. Yang penting amankan dalam wadah tertutup.

Sedikit ribet atau repot, namun bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan keselamatan. Tetap gunakan masker penutup hidung dan mulut sebelum memakai helm. Perangkat keselamatan berkendara lain macam jaket, celana panjang dan sepatu, juga tetap wajib dikenakan. #cariaman dalam berkendara di musim pandemi virus, untuk kesehatan kita dan keluarga

Semoga berguna

One comment on “Prosedur pakai sarung tangan saat pandemi, tetap #cariaman ya

  1. Pingback: Prosedur pakai sarung tangan saat pandemi, tetap #cariaman ya | Jatimotoblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s