Asik juga dilihat, ubahan Honda Motocompo berikut cosplay-nya yang aduhai

Pagi masbro..

Kreatifitas seseorang untuk mewujudkan sesuatu yang berkesan di masa kecilnya memang kadang luar biasa. Salah satunya di negeri sono, Jepang. Dulu, alkisah, di era tahun 1986 , ada sebuah serial Manga yang populer sekali, berjudul “You’re under Arrest”. Manga ini, yang kemudian dibuat serialnya, menceritakan seorang polisi wanita alias polwan bernama Compi, yang menggunakan sebuah motor motocompo Honda sebagai sarana untuk menyelesaikan kasusnya.

Alhasil, nih cerita Manga sukses dan populer, termasuk model sepeda motornya, yaitu Honda Motocompo. Basis skutik mungil bermesin 50cc ini, memang diceritakan mengalami modifikasi sehingga berbentuk motor dinas polisis. Nah, ternyata, ada nih salah satu penggemar Manga tersebut, yang mewujudkan secara nyata. Sang pemilik yang tidak disebutkan identitasnya, memulai proyek modifikasinya berbekal sebuah Motocompo yang ditemukan di tempat sampah.

Kondisi si motor mungil itu sendiri nyaris tidak berbentuk karena dipreteli, bahkan sasis tengahnya ikutan dipoton. Mungkin supaya ringkas saat dibuang kali yaaa… Si penemu tadi, akhirnya membawa pulang dan mencari juga beberapa bagian yang tercecer di tempat sampah. Karena nggak punya keahlian las dan teknis lain, dikerahkanlah teman-temannya untuk merakit si skutik imut Honda Today pretelan ini menjadi sosok motor polisi seperti di serial “Yo’re under Arrest”. Mengelas bagian sasis yang dipotong, menyambung, memasang panel bodi, dan membentukjseperti penampakan motor polwan di komik.

Panel bodi yang dibuat ulang, bentuknya mendatar dari depan area setang hingga ke buritan. Dicat putih polos, dengan imbuhan stiker khas polisi. Diatasnya. sebongkah jok kulit hitam duduk manis diatas sasis tengah, sedikit menjorok ke belakang.

Sektor depan, yang mencolok adalah tampilan setang tinggi ala-ala ape hanger berwarna hitam. Setang ini, meski terkesan unik dan aneh, tapi terlihat nyaman dipegang saat berkendara ya… Panelnya juga komplit, mulai pemasangan lampu sein warna oranye di kanan kiri, handel gas, serta tuas rem di kiri dan kanan setang. Kok rem di setang semua? Lah iya, kan motornya basis skuter matik, piranti rem ya seperti biasa, di setang semua

Mesinnya sendiri berbasis 2 langkah. Kubikasi hanya 50cc, dengan sistem transmisi otomatis dengan CVT. Pasokan bahan bakar disemprotkan oleh sebuah karburator yang khas banget era tahun 80an. Mesin ini ditemukan sudah mati total, sehingga ya kudu diover haul, alias turun mesin total. Diganti piston berikut ring, sekalian juga dengan silinder dan kepala silinder. Mesin AB12E 2-tak berkapasitas persis 49 cc menghasilkan tenaga 2,5 hp pada putaran 5.000 rpm dan torsi 0,38 kg-m pada 4.500 rpm. Dengan transmisi otomatis 1-speed, nih mesin mungil membutuhkan konsumsi bensin 70 km/liter pada kecepatan rata-rata 30 km/jam.

Pembenahan ulang mesin, juga termasuk membenahi ulang kelistrikan, sehingga mampu menyuplai listrik untuk lampu sein, lampu depan belakang, dan lampu rotator khas polisi yang ditempatkan di tengah-tengah. Persis diantara pengendara dan setang.

Lampu rotator ini juga khas era jadul , belum kenal lampu strobo nih. Warna merah, yang terpasang pada dudukan paten. Sekilas seperti diatas tangki wadah BBM, padahal bukan. Penampung bahan bakar ada di bawah body, dan berposisi diatas mesin. Unik kan??

Apalagi pas berpose dengan model, weleh…kelepek-kelepek nih, berasa nonton Manga versi nyata, hehehehehe.

Semoga berguna

3 comments on “Asik juga dilihat, ubahan Honda Motocompo berikut cosplay-nya yang aduhai

  1. Pingback: Asik juga dilihat, ubahan Honda Motocompo berikut cosplay-nya yang aduhai | Jatimotoblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s