Yamaha Aerox, makin kesini makin sporty

Pagi masbro..

Yamaha Aerox, memang punya desain yang sporty, bisa dibilang skuter matik sporty-nya Yamaha. Desain meruncing, lampu depan menyipit dan kontur bodi yang sekilas, nampak rendah di area depan utamanya headlamp, memang membuat beda, dan pas disebut skutik sporty. Padahal, Aerox generasi awal beda lho. Yuk, kulik sedikit generasi Aerox di tanah air

Aerox, perdana nongol di Indonesia pada sekitar tahun 2016. Pertengahan kalo nggak salah, cmiiw. Dengan mesin pendorong berkubikasi 125cc, dan sudah aplikasi pendingin cairan, alias sudah pakai radiator. Spesifikasinya antara lain 125 cc, 4 tak SOHC dengan 2 katup.

Tenaganya, lumayan nampol untuk kelas 125cc, yaitu 11,2 hp/9000 rpm dan punya torsi di 10,4 Nm/6500 rpm. Aerox 125 LC, demikian nama resminya, sejatinya adalah generasi ketiga. Generasi pertama dan kedua, nggak hadi di Indonesia, jadi kita abaikan saja ya..

Punya desain yang sudah kental nuansa sporty ni sebenarnya. Terlihat dengan dominasi garis tajam hampir pada semua bagian body motor sehingga alhasil, kesan agreasif berhasil ditampilkan oleh motor skutik ini. Didukung dengan pilihan stang yang ditutup cover sepenuhnya , jadi makin sporty

Pilihan warnanya ada 3. Yaitu antara lain warna biru – racing blue, abu-abu – champion matt grey dan putih – light speed white. Sayang seribu sayang, motor Aerox 125 LC hanya sekejap saja hadir dan berhenti diproduksi karena kurangnya minat pasar.

  • Generasi keempat Yamaha Aerox 155 VVA

Setelah Aerox 125 LC stop produksi, praktis, skutik sporty Yamaha nggak ada lagi. Tapi, teryata Yamaha gaspol nih. Nggak butuh waktu lama, yah, nggak sampai setahun, Yamaha Indonesia memperkenalkan Aerox versi baru. Persisnya, November 2016, dengan merilis Aerox 155 cc. Mesin baru dengan kubikasi naik drastis, dari 125cc ke 155cc, plus desain yang jauh lebih segar dan gahar. Pokoknya, tampil baru total, baik mesin maupun bodi.

Yang menjadi daya tarik utama pada Aerox ini adalah adanya blue core technology dan dilengkapi juga dengan Variabel Valve Actuation atau VVA. Teknologi pengaturan 4 katup Yamaha ini yang membuat keluaran tenaga Aerox lebih merata pada setiap putaran mesin. Selain itu, motor skutik sport yang bongsor ini juga bisa dibilang irit bahan bakar. Nama resminya adalah Aerox 155 VVA.

Body besar dan gahar, yang makin meruncing sporty, jadi bikin tampilan si Aerox jangkung. Beda banget ya, sama Aerox 125 LC? Masih dilengkapi pula dengan berbagai fitur canggih. Antara lain adalah stop & start system atau SSS, side stand switch Smart Motor Generator atau SMG yang bikin starter jadi halus banget bunyinya, lalu lampu depan dan belakang yang sudah aplikasi LED serta adanya speedometer full  digital dengan layar lebar 5.8 inci. Tampilannya , kekinian berupa Multi Information Display atau MID.

Nggak hanya itu. fitur yang sedang tren saat itu juga diaplikasi, yaitu electric power socket untuk charger gadget, smart key system, dan answer back system. Sedangkan untuk fitur keamanannya, Yamaha menggunakan perangkat rem tipe ABS atau Antilock Brake System.

Varian Aerox 155 VVA 2017 ada tiga, yaitu standar, R dan S version :

  • Standar : punya ada 3 pilihan warna aitu grey, black dan red.
  • R version : hanya satu pilihan warna, yaitu silver dengan list biru. Yang membedakan lagi, pada versi R ini sudah pakai shock belakang tabung dan wave disc brake alias piringan cakram yang bermodel gelombang
  • S version : piunya 2 pilihan warna yaitu matte black dan matte red. Spesifikasi berbeda , dengan menggunakan smart key, ABS dan SSS. Aerox S ini menggunakan pelek berkelir gold sehingga lebih premium tampilannya.

Sebagai pilihan tambahan untuk masyarakat yang demen aura balap, Yamaha memberi tambahan pilihan varian Aerox 155 VVA S Doxou version serta R version Monster Energy Yamaha MotoGP.

  • Generasi Kelima All New Yamaha Aerox 155  Connected

Pada akhir tahun lalu, November 2020, Yamaha Indonesia resmi memperkenalkan versi terbaru Arerox, yang dilabeli All New Aerox 155 Connected. Banyak perubahan pada bentuk desainnya. Perubahan tampilan yang paling mencolok adalah desain lampu LED pada bagian depan dan belakang yang kini menjadi lebih tajam dan lebar serta dilengkapi oleh DRL (Daytime Running Light). Termasuk bengkaknya tangki BBM, yang sebelumnya hanya berkapasitas 4,6 liter menjadi 5,5 liter. Nambah seliter nih

Fisik yang makin bongsor, didukung pula oleh penggunaan fitur kekinian, yaitu motor yang bisa terkoneksi dengan gadget pengendara. Yamaha mengaplikasi Y-connect pada All New Aerox. Dengan menginstall aplikasi ini, pengendara bisa tersambung dengan motor kesayangan untuk melakukan banyak hal, Antara lain :

  • Mendapatkan informasi terkait notifikasi telepon dan pesan masuk di dashboard motor
  • Informasi konsumsi bahan bakar
  • Informasi lokasi parkir terakhir saat terhubung dengan aplikasi
  • Rekomendasi perawatan yang menunjukan kondisi aki dan oli
  • Notifikasi malfungsi sampai dengan fitur Revs Dashboard yang menarik bagi pengguna.

Pada sektor dapur pacu mesin, All New Aerox 155 baru ini mengusung Total “New Engine Blue Core 155cc” berpendingin cairan, dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat torsi merata disetiap putaran mesin baik bawah maupun atas. Mesin baru yang serupa tertanam pada All New NMax ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11.3kW / 8.000rpm serta torsi maksimum sebesar 13.9Nm / 6.500rpm yang menjadikan All New Aerox 155 Connected memiliki performa dan Power to Weight Ratio (PWR) terbaik dikelasnya.

All New Aerox 155 Connected ini juga memperoleh update speedometer digital dengan desain baru yang lebih enak dipandang dan menarik, serta handle belakang yang terintegrasi untuk memudahkan pemilik mengatur posisi motor saat mesin dalam kondisi mati (mengatur posisi parkir). Terdapat Handle Bar Switch Control yang berfungsi memudahkan anda memilih tampikan informasi dan pengaturan pada speedometer (tombol pengatur berada di handle sebelah kiri) serta Hazard Lamp sebagai tanda ketika pengendara dalam kondisi darurat . Termasuk adanya Electric Power Socket untuk pengisian daya batrai smartphone. Jadi memungkinkan pemilik untuk mengisi baterai gadget-nya pada saat berkendara.

All New Aerox Connected ini punya 2 versi, yaitu versi ABS dan non ABS. Fisiknya sih sama saja, perbedaan hanya terdapat pada piranti Antilock Braking System 1 channel yang terinstall pada versi ABS. Selain soal rem, versi ABS juga punya tambahan foitur yaitu keyless atau smartkey dan penggunaan sokbreker model tabung pada suspensi belakangnya.

Nah, itu antara lain 3 generasi Yamaha Aerox yang beredar di tanah air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s