Langkanya ban sepeda motor diameter 18 inchi

Pagi masbro..

Motor sport tanah air di era 90an, hampir seluruhnya , untuk kaki-kaki alias roda, nyaris bisa dipastikan menggunakan roda dengan diameter khas, 18 inchi. Roda ring 18 ini, dipakai antara lain Honda GL series, Yamaha RX series dan beberapa merk serta tipe lainnya.

Selain diameter roda 18 inchi, khasnya juga pada jaman itu, ban juga rata-rata berprofil kecil. Ukuran ban telapaknya nyaris nggak ada yang gede/lebar macam jaman sekarang. Nah, buat yang masih memelihara motor dengan roda 18 inchi di jaman sekarang, banyak yang kesulitan mencari ban dengan diameter 18 inchi tersebut. Maklum, karena jaman sekarang rerata motor sport sudah pakai diameter 17 inchi , sehingga pabrikan ban pun, sepertinya juga mengurangi alokasi produksi ban ring 18.

Saat ini, untuk ban ring 18 inchi, masih tersedia beberapa merk dan ukuran. Merk IRC tube, FDR tubeless, Primaxx tube , Corsa tubeless, Swallow tubeless, Maxxis tube, adalah beberapa contohnya. Oh iya, ada pilihan ban dengan ban dalam (tube) atau tubeless ya, tentunya dengan modifikasi bila masih mempertahankan velg non tubeless.  Harganya sendiri, tergantung ukuran dan merknya serta tipe, dan susahnya lagi, nggak banyak bengkel atau toko spare part yang ready stok ban ukuran ini. Jadi ya kudu rajin-rajin keliling nih, cari model dan ukuran yang sesuai keinginan, karena pilihan merk yang menyediakan ukuran diameter 18 inchi memang terbatas

Buat yang ogah mumet, keliling nyari ban, ada juga sih solusi mudahnya. Yaitu, ganti roda 17 inchi. Sebenarnya,nggak mudah juga sih, karena buat yang motor dengan velg CW, kudu diganti dengan velg variasi/aftermarket yang cocok dan punya diameter 17 ichi. Seperti Honda Tiger 2000 CW, Yamaha Scorpio atau Suzuki RGR

Sedikit rada mudah, kalau untuk motor  dengan velg jari-jari. Dengan tetap mempertahankan tromol bawaan, dan cukup mengganti velg berikut jari-jari saja. Velg, paling banyak tersedia adalah berbahan almunium dengan beragam ukuran lebar. Merk, macam-macam mulai TK, Champ, Rossi dan lain-lain. Untuk jari-jarinya, menyesuaikan saja. Biasanya, saat memasang, si tukang stel velg sudah tahu ukuran jari-jarinya, bahkan kadang dia juga sudah sedia kok.

Tinggal rakit saja, dengan melepas ruji dan velg lama 18 inci, dan diganti dengan ruji dan velg baru ukuran 17 inchi. Nah, sekarang, lebih mudah deh cari bannya. Diameter 17 inchi, banyak banget dengan beragam ukuran, beragam model tapak/batik/kembangan dan merk serta harganya.

Semoga berguna

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s