Ini nih, beda Honda CB1100, CB1100 EX dan CB1100 RS

Pagi masbro..

Gegara artikel tentang Honda CB1100 RS, yang dimodifikasi ala RWB, disini nih, ada pengunjung tersesat ke warung emperan ini yang japri, dan bertanya, sebenarnya ada berapa varian sih Honda CB1100 ini?

17YM CB1100EX at the Pan-European Press Event – Barcelona

Motor klasik yang punya tongkrongan mesin gagah ini, ternyata punya varian berbeda.  Yaitu, Honda CB1100, CB1100 EX dan CB1100 RS. Lantas apa saja bedanya?

Varian pertama, yaitu CB1100 tanpa embel-embel huruf dibelakangnya. Yang ini, hanya punya 1 jenis warna yaitu hitam.

Sudah menggunakan velg casting wheel alias CW yang berkelir hitam, dengan model palang 5 ganda. Khas banget kesan lawasnya. Bak mesin kiri kanan dilabur warna hitam, senada dengan warna sokbreker depannya yang bermodel teleskopik keluaran Showa.

Lalu CB1100 EX. Yang ini, banyak yang bilang model standar, karena menggunakan roda jenis spoke wheel alias velg jari-jari. Menggunakan diameter 18 inchi, velg alumunium ini dibalut ban gede yang terbayang, jelas lebih empuk karena dipadu velg jari-jari. CB1100 EX punya 2 pilhan warna yaitu merah dan biru.

Aksen krom dan warna silver terang jadi pilihan pabrikan pada tipe ini. Tengok saja pada bagian bak mesin kanan dan kiri yang dipoles  mengkilap, penutup throttle body pemasok BBM hingga sokbreker depan. Ada imbuhan klasik, yaitu karet penutup sokbreker depan nih

Terakhir, CB1100 RS. Motor ini , meski basisnya sama, tapi punya tampilan mengarah retro sporty. Menggunakan pelek CW diameter 17 inchi bermodel sabit palang 10 serta 3 pilihan warna cat yang lebih atraktif yaitu silver, biru dan hitam.

Imbuhan, sokbreker belakang versi RS sudah menggunakan model sokbreker gas lansiran Showa yang jelas lebih baik dan stabil redamannya. Demikian pula soal rem, lebih mumpuni dengan tipe radial. Khusus CB1100 RS terbaru, ada penyesuaian warna pada bak mesin dan warna sokbreker depan. Yaitu warna emas/gold yang lebih mencolok dan tampil lebih mewah.

Lainnya, semua seri CB1100 ini sama saja. Mesin 4 silinder segaris dengan injeksi BBM, pendingin udara dan pendingin oli, penggunaan lampu depan bulat dan lampu belakang berisi LED yang modern dan hemat daya, termasuk lampu sein.

Nah, jelas kan bedanya Honda CB1100, CB1100 EX dan CB1100 RS?? Semoga berguna

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s