Tenang saat berkendara, kunci #cariaman

Pagi masbro..

Saat berkendara, entah pas lalu lintas lagi krodit rame ataupun sepi, sisi psikologis pengendara sangat berpengaruh .  Bayangkan, lagi konsen fokus riding , eh, tiba-tiba teringat kalau dompet ketinggalan. Alamakkk

Pastilah, manusiawi kalau kita langsung mendadak blank. Panik yang jelas. Wajar, lha kalau tetiba didepan, ada razia alias pemeriksaan polisi lalu lintas. Sementara, segala macam dokumen kendaraan, seperti STNK berikut notice pajak dan SIM, biasanya berkumpul jadi satu di dalam dompet.

Perasaan panik dan cemas, akan mempengaruhi cara kita berkendara. Entah kurang konsentrasi, nggak fokus, hingga salah tingkah saat melihat polisi di jalan. Padahal, polisinya ya nggak ngapa-ngapain :mrgreen: , wong dia melakukan tugas rutin.

Yang berbahaya, kurang konsentrasi bisa berakibat fatal di jalan. Seperti kurang memperhatikan situasi di sekitar, lupa nggak menyalakan sein saat berbelok, dan mudah kaget saat diklakson kendaraan lain. Ya membahayakan diri sendiri, juga membahayakan pengguna jalan lain.

Lalu, saat mengalami kejadian macam itu, ketinggalan dompet atau surat kendaraan, apa yang kudu dilakukan? Untuk #cariaman di jalan, upayakan tetap tenang. Kalau perlu, berhenti dan menepikan motor. Minum air mineral, disarankan untuk menenangkan diri. Jangan minum yang lain, apalagi minuman keras.

Sambil menenangkan diri. bila jarak lokasi berhenti dari rumah nggak terlalu jauh, bisa memilih opsi kembali pulang untuk mengambil surat penting yang tertinggal. Nggak usah terburu-buru, malah berbahaya. Berkendara santai saja, misalpun nanti terlambat sampai di tempat kerja, ya memang resiko. Daripada kenapa-napa, atau malah kena tilang polisi gegara nggak bawa surat kendaraan?

Bila sudah agak jauh, opsi kedua adalah menelpon, supaya bila ada anggota keluarga lain yang ada di rumah, bisa mengirim atau mengantar surat-surat penting dimaksud. Ini lebih aman, kita tinggal nunggu saja.

Opsi terakhir, bila kedua pilihan tadi sudah nggak bisa dilakukan, adalah melanjutkan perjalanan. Meski ini pilihan terakhir, dan kurang disarankan, situasi yang mendesak membuat nggak ada pilihan lain lagi. Resiko, berkendara tanpa membawa surat-surat kendaraan, kalau pas ketemu polisi yang lagi razia, ya jelas kena tilang, hehehehe. Yang penting, usahakan tetap tenang saat berkendara. Alihkan perhatian dan rasa waswas soal surat-surat tadi, sehingga fokus riding. Rileks serta tetap hati-hati saat berkendara, selain menghindarkan kecurigaan aparat :mrgreen: juga merupakan upaya berkendara aman di jalan. Rasa tenang, akan meningkatkan konsentrasi pas riding, betul tidak?

Last, sebagai upaya #cariaman secara preventif, nggak hanya perlu mempersiapkan kondisi motor sebelum berkendara, seperti di artikel sebelumnya,  yang ini nih. Tapi juga, tentang pengendara. Selain mempersiapkan perangkat keselamatan pengendara seperti helm, jaket sepatu serta kelengkapan lain. Tapi juga, cek surat-surat kelengkapan seperti STNK berikut notice pajak, dan SIM. Sekalian, cek juga ya tanggal berlakunya dokumen tersebut, siapa tahu lupa, sudah dekat waktunya perpanjangan.

Semoga berguna

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s