Beberapa detail Honda ADV 150, gaya sekaligus fungsional

Pagi masbro..

Tempo hari, saat ketemu langsung dengan skutik advance lansiran Honda, yaitu ADV150, saia sempatkan ulik-ulik beberapa fitur yang dibenamkan pada nih motor.

Terlepas dari tampilan fisik yang memang cukup gahar, beberapa fitur yang dipasangkan Honda pada ADV150, selain bisa mendongkrak penampilan lebih wah, juga ternyata fungsional alias berfungsi maksimal. Yuk, bedah beberapa diantaranya

Bagasi lega. Kapasitas bagasi Honda ADV150 adalah 28 liter, yang sama dengan kemampuan bagasi Honda PCX150. Dilabeli embel-embel helm in, yang notabene mampu ‘melahap’ helm dan jok tertutup sempurna. Saia mencoba sendiri, dengan 2 macam helm sekaligus. Yaitu helm half face KYT, lupa serinya 😆 serta helm full face KYT RC7. dan hasilnya??

Keduanya, mampu ditelan oleh bagasi Honda ADV150. Duduk dengan baik itu helm, nggak goyang-goyang, serta jok pun ditutup dengan sempurna, tidak terganjal. Posisinya di bagian depan bagasi, sementara sisa bagasi area belakang, masih cukup luas yang bisa diisi dengan jaket, jas hujan ataupun beberapa barang kecil lainnya.

Windshield adjustable. Ini nih yang asyik, dan saia kira baru ini ada skutik yang punya fitur windshield bawaan pabrik, bisa disetel pula. Meski masih mengandalkan setelan manual, tapi mantap. Cara setelnya gampang banget. Nggak perlu alat apapun, cukup bermodal sepasang tangan saja. Masbro tinggal tarik sepasang baut plastik ukuran besar di balik windshield ke arah luar, lalu geser deh si windshield mau tegak atau rebahan ala motorsport.

Tangki tengah. Posisi tangki berikut tutup tangkinya, memudahkan saat pengisian bahan bakar. Lagi-lagi persis Honda PCX150, cukup menekan tombol di panel kanan yang jadi satu dengan tombol smart key , tutup tangki yang berada di tengah dek, persis didepan tengah kaki pengendara, akan terbuka. Setelah tutup berupa cover terbuka, pengendara masih harus membuka tutup tangki yang berupa logam berbentuk bundar, laiknya tutup tangki motor lain. Nggak perlu buka jok, sedikit lebih praktis. Tapi, tetap turun lho ya, saat mengisi BBM di SPBU, untuk keamanan saudara-saudara

Keyless. Sistem menyalakan mesin ADV150, memang aplikasi sistem tanpa kunci alias keyless yang sama dengan saudaranya, Honda PCX150. Di Honda, dinamakan smart key. Berbekal benda kecil hitam berupa remote dengan 2 tombol, yang  harus selalu berposisi dekat dengan kendaraan sehingga terbaca dan dikenali sistemnya. Kalau jauh, mau diapa-apain juga nggak bakal bisa dinyalakan mesin ADV150. Sistem keyless ini juga terintegrasi dengan alarm pada ADV150 sebagai sarana pengaman motor

CBS dan ABS. Selain dibekali rem cakram pada roda depan dan belakang, sistem pengereman, juga ada 2 versi pada ADV150. Yaitu CBS yang mengkombinasikan pengereman depan belakang, serta yang lebih advance dibekali dengan antilock braking system (ABS) yang meminimalkan gejala rem terkunci pada saat pengereman mendadak / panic braking. 

Power outlet. Masih sama dengan PCX150, pada area depan sisi kiri tebeng, dilengkapi dengan bagasi kecil yang sudah menyediakan colokan DC-out. Dilengkapi penutup, pemilik ADV150 tinggal beli saja charger mobil yang punya dudukan seperti lighter. Tancapkan disitu, dan siap mengisi daya gadget macam HP selama perjalanan. Mungkin, supaya lebih nyaman, bisa dilapisi pouch atau kantong supaya si HP nggak kepentok-pentok saat perjalanan, Sayangnya, kantong bagasi depan ini nggak dilengkapi kunci. Tinggal ditekan kedepan saja, sudah terbuka.

Nah, itu beberapa fitur Honda ADV150 yang sempat saia utak-atik saat ketemu nih motor di ruang pamer dealer MPM Basuki Rahmat Malang. Ntar deh, kalau sudah ada unit yang bisa direview, bakal saia buatkan detail artikelnya. Semoga berguna

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s