Honda Supra, dari masa ke masa. Simak perubahannya

Pagi masbro..

Motor bebek yang satu ini, bisa dibilang legenda nih. Lansiran Honda , yang punya bodi cub/bebek dan bermesin tiduran yang merupakan generasi penerus dari Honda Astrea series, yang terakhir bertajuk Legenda.

Balik ke Supra nih. Yuk, kita usut dan urut, cikal bakal awalnya ini motor. Awalnya, Honda Supra masih membawa klan nama Astrea. Makanya, awal kemunculan di tahun 1997, nama resminya adalah Honda Astrea Supra.

Sisi body, sudah dinamis dan modern dengan model melancip, beda dengan Astrea lainnya yang masih mengotak dan kaku. Mesin, masih mengambil basis mesin C-series yang punya kubikasi persis 97,1 cc. Kecil? Iya, dibandingkan dengan rival memang paling imut, namun, bandelnya nih mesin serta konsumsi bahan bakar yang irit, menutupi sisi kecilnya mesin. Sistem pasokan bahan bakar menggunakan karburator, sementara pengereman masih kukuh pertahankan rem tromol seperti C-series baik pada rem depan maupun belakang.

Lanjut. Tahun 2001 lahir Honda Supra X. Embel-embel “X’ ini, adanya pembaruan pada sistem pengereman depan, yang sudah menggunakan rem cakram. Kalau bodi, mesin dan segala macamnya, tetap, nggak ada perubahan. Saat itu, dihadirkan juga 2 varian Supra X, yaitu Supra XX yang dilengkapi dengan kopling manual, serta Supra V, berkopling manual tapi rem tromol di depan dan belakang

Pada tahun 2003, dihadirkan “versi murah” dari Supra. Kemauan pasar memang susah ditebak, dan untuk  memenuhi pasar yang ingin motor bebek dengan harga lebih terjangkau, yaitu Supra Fit. Meski secara fisik hampir sama dengan Supra non Fit, ada beberapa perbedaan antara lain jeroan mesin dan tidak adanya indikator gigi persneling pada Supra Fit. Sebagai opsi lain, ada juga Supra Fit R,

Tahun 2005, dirilis Honda Supra X yang lebih gede, yaitu Supra X 125. Edisi awal, berkode MK1. Perbedaan utama adalah desain body yang lebih gede dan sporty. Cocok mengimbangi mesin yang sudah membengkak, karena kini sudah berkapasitas 125cc. Ada beberapa varian Honda Supra X 125 MK1 ini, antara lain Supra X 125 R yang punya grafis sporty dan velg CW, serta Supra X 125 DD yang meski pakai velg jaro-jari, namun sudah menggunakan rem cakram pada roda belakang. Saia rasa, ini cikal bakal hadirnya Supra X 125 yang sekarang deh. Terlebih, ada pula versi Supra X 125 yang sudah menggunakan sistem injeksi di tahun ini, yang lebih modern dan hemat BBM

Pada tahun 2005 ini juga, khusus menyegarkan Supra pahe, nongol versi terbaru New Supra Fit. Mesin tetap, kubikasi 97cc, ada pergantian body yang lebih lancip ketimbang Supra Fit sebelumnya. Oh iya, ada 2 tipe New Supra Fit, yaitu R yang pakai rem cakram depan dan  velg palang alias CW casting wheel dan D yang masih rem tromol depan belakang.

Di tahun 2008, Supra X 125 mengalami regenerasi lagi. Bertitel resmi Honda Supra X 125 MK2. Body berubah lebih lancip dari sebelumnya, yang sporty dan gaul. Anak muda banget deh. Kesan motor bapak-bapak, pupus sudah, padahal bertahun-tahun, tampilan kalem Supra memang khas, hehehehe. Lampu utama kini jadi ganda alias dobel, lalu model knalpot juga ala-ala racing. Antara pipa knalpot dan silincer terpisah. Jadi lebih ganteng dan gaul banget.

Tahun 2011, hadir generasi Honda Supra X 125 berperut besar. Yups, Supra X 125 Helm In. Desain body mengalami ubahan, rada melancip meskipun masih landai. Lebih modern memang kesannya. Paling kentara, adalah kapasitas bagasi di bawah jok yang melonjak drastis. Biasanya hanya muat untuk jas hujan serta toolkit, kini lebih lega bahkan bisa menampung helm. Wah banget kan? Hal ini berkat pergeseran lokasi tangki bensin yang mundur dan posisinya diganti bagasi yang luas.

Lanjut ke tahun 2013. Sedikit ubahan pada Honda Supra X 125 MK3. Body lebih padat, meski agak berkurang rampingnya. Sekilas lebih bantet, atau pendek. Sistem injeksi terus diaplikasi, melanjutkan Supra X 125 sebelumnya. Tambahan, ada fitur DC output pada bagasi, yang bisa bantu mengisi daya gadget sambil berkendara. Model knalpot yang paling kentara, karena dilengkapi cover pelindung panas pada bagian silincer. Jadi kesan knalpot sporty rada tenggelam, hehehehe. Model ini, masih bertahan hingga sekarang, karena yang berubah hanya striping dan corak warnanya saja.

Nah, itu-lah sekelumit sejarah dan riwayat Honda Supra dari era 90an hingga sekarang. Ada yang kurang? Monggo, ditambahkan di kolom komentar, karena saia juga lupa-lupa ingat, barangkali ada varian yang tercecer, hehehehe.

Semoga berguna

 

 

 

 

 

Advertisements

2 comments on “Honda Supra, dari masa ke masa. Simak perubahannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s