F850GS, motor adventure cadas lansiran BMW-Motorrad

Pagi masbro..

Pabrikan motor Eropa, memang sudah mulai banyak dikenal di tanah air. Meski sebagian besar diantaranya masih mengandalkan motor rakitan luar negeri alias CBU untuk dipasarkan disini. Termasuk salah satunya BMW-Motorrad

Beberapa waktu lalu, BMW-Motorrad memperkenalkan salah satu varian adventure mereka, yaitu F850GS. Hmm..mesinnya gede nih, delapan ratus limapuluh kubikasinya. Motor ganteng-jangkung dan gahar ini, sempat hadir pada gelaran GIIAS 2018 di Jakarta. Tongkrongannya khas motor penjelajah banget.

Jangkung, dengan setang lebar. Shroud pada tangki, menyambung dengan sepatbor depan ala cocor bebek. Dibawahnya, sepatbor fungsional laiknya motor biasa, terpasang rapi.

Roda, menggunakan velg jari-jari dengan diameter berbeda antara depan dan belakang. Roda depan berdiameter 21″ dipasangkan ban 90/90-21 sementara roda belakang punya diameter 17″ disandingkan ban 150/70-17. Roda depan dilengkapi cakram ganda bertipe floating sementara rem belakang sebiji cakram cukup untuk menghentikan laju si F850GS, lha wong sudah dilengkapi sistem ABS je..

Sisi mesin, dengan 2 silinder sebaris alias inline , dilengkapi dengan 4 katup per silinder. Diklaim, mampu menghasilkan tenaga maksimal 95 HP pada 8250 rpm, sementara torsinya 92 Nm/6250 rpm. Weleh…..Mesin 2 silinder ini meneruskan daya pada sistem 6 percepatan dengan penggerak rantai pada roda belakang. Lalu, beragam teknologi yang memudahkan rider juga disiapkan BMW, seperti DTC Pro, Dynamic ESA, Anti-hoping Clutch, dan Shift Assist Pro yang berguna untuk memindahkan transmisi tanpa harus menarik tuas kopling.

Yang asyik, ada pilihan mode riding yang bisa dipilih pengendara sesuai kebutuhan dan medan jalan yang dilalui. Ada 5 mode yaitu Rain, Road, Dynamic, Enduro dan Enduro Pro. Cukup dengan memencet tombol di panel. Sementara, dasbor, dengan layar TFT 6,5″ dilengkapi beragam indikator. Selain menampilan indikator standar seperti putaran mesin/rpm, indikator kecepatan, bahan bakar dan lampu-lampu, pengendara juga bisa mengakses musik dari smartphone, fitur GPS bahkan mampu melakukan dan menerima panggilan telepon.

Nah, soal harganya nih masbro. Pihak BMW-Motorrad memberikan harga untuk BMW F 850 GS di angka IDR 549 juta off the road (wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya). Weleh lagi..catet, off the road lho ya. Kita tunggu saja harga resminya saat beredar di area Jawa Timur.

Semoga berguna

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s