Macam-macam bunyi sirine, perlu tahu nih

Hai masbro sekalian…
Kali ini, saia mau membahas tentang bunyi-bunyian yang pasti kita kenal, karena sering banget ditemui di jalan. Ya, bunyi sirine. Saia, jujur, tahunya bunyi sirine ya “nguing–nguing” gitu, sama “toot–toot” , yang biasanya dipake polisi patroli pengawal (patwal), kendaraan PMK, militer dan ambulans. Maaf, kalo ada yang gak kesebut, dan emang sengaja… :mikir:


Pas lagi browsing, nemu beberapa artikel soal ambulans. Ternyata nih, ada beberapa macam bunyi sirine yang dipakai di ambulans, gak cuma sekedar nguing–nguing. Yaitu ada bunyi hi-lo, horn, wail, yelp dan phaser. Pengen tahu, apa bedanya masing-masing?

Klik dimarih deh…

Sedang peruntukannya , ternyata, sebenarnya berbeda-beda. Nggak asal bunyi sebetulnya. Seperti yang saia sadur dari laman ini situs Lembaga Kesehatan Mahasiswa, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya  Malang, kayak gini nih :

  • Wail digunakan ketika kendaraan berjalan di jalur yang lurus,
  • Yelp digunakan ketika kendaraan berada di persimpangan,
  • Hi-lo digunakan sebagai kombinasi untuk mendapatkan perhatian yang lebih efektif,
  • Horn digunakan seperti klakson untuk memberikan peringatan lebih jika suara-suara lainnya tidak mendapat perhatian pengguna jalan lain.

Nah, sekarang sudah tahu toh, beda bunyi sirine pada ambulans?? Kalau saia sih, gak pake mikir, denger bunyi sirine, lirik spion terlihat lampu strobo/rotator merah atau biru menyala diatas kap mobil PMK/ambulans/polisi, langsung mlipir deh, setelah memastikan sisi kiri aman. Kalau bukan salah satu dari 3 itu, males ah…pasti konvoi rombongan gak jelas 👿

Yuk ah, semoga berguna

Advertisements

3 comments on “Macam-macam bunyi sirine, perlu tahu nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s