Mau riding? Biarkan indikator mesin di dasbor/speedometer padam dulu

Pagi masbro..

Kebiasaan pengendara motor, meski nggak semua, adalah memanaskan mesin motor sebelum berkendara, terutama saat pagi hari. Kebiasaan yang bagus sebetulnya, karena kala pagi, oli mesin setelah diam semalaman, akan berkumpul dan melakukan rapat di kalter mesin bawah. Makanya, perlu dipanaskan sesaat, supaya pompa oli ikut bekerja, menyebarkan oli  ke seluruh bagian mesin. Alhasil, resiko mesin aus karena ada bagian mesin yang tak terlumasi bisa diminimalkan.

Selain ‘kegiatan’ pemanasan mesin, ada lagi satu hal yang termasuk penting dilakukan rider saat mulai berkendara? Apaan tuh? Yaitu melirik panel dasbor sepeda motor.

Saat menyalakan kunci kontak ke posisi ON, untuk motor jaman now, yang sudah dilengkapi sistem injeksi bahan bakar, pada panel dasbor atau jamak disebut spidometer, ada beberapa indikator khusus. Antara lain lampu MIL (malfunction indicator lamp) . Pada motor Honda, lampu MIL ini biasanya berwarna oranye/kuning dengan logo semacam kran.

Saat pertama kunci kontak diputar pada posisi ON, spidometer akan menyala dan semua indikator juga akan menyala. Nah, pada saat ini jangan langsung menyalakan starter mesin, baik elektrik starter ataupun kick starter. Tunggu sesaat saja, sabar. Nggak sampai 2 detik kok. Setelah lampu indikator padam, monggo deh, nyalakan mesin.

Kenapa nih? Ya, karena untuk jaga-jaga saja, bila lampu MIL tidak ikut padam, atau malah berkedip-kedip genit. Bila hal ini terjadi, dipastikan ada error pada sistem kerja motor. Dikahwatirkan, bila setelah kontak ON langsung menyalakan mesin, kita nggak paham dan nggak tahu kalau ternyata ada error pada motor, dengan pertanda berkedipnya lampu MIL. Memang sih, meskipun mesin bisa menyala, lampu MIL akan tetap menyala/berkedip sebagai peringatan. Tapi, ada baiknya mencegah sebelum terlambat. Maksudnya, waspada seandainya terjadi error pada mesin, mesin motor belum sampai dinyalakan.

Nah, yuk sabar sebentar ya? Paling hanya 1-2 detik saja kok, dan hal ini bisa mencegah terjadinya kerusakan pada motor. #cariaman sebelum jalan dan semoga berguna

 

 

 

Advertisements

5 comments on “Mau riding? Biarkan indikator mesin di dasbor/speedometer padam dulu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s