MPM Kirim 4 Perwakilan pada gelaran Technical Skill Contest SMK TBSM Honda

Pagi masbro..

SMK, bisa!!! Slogan ini, sudah begitu familiar dengan kita, merupakan pembangkit semangat para siswa SMK, meningkatkan  kemampuan sehingga tidak lagi dipandang sebelah mata. Sebagai sekolah kejuruan, SMK mempunyai spesialisasi yang tidka dimiliki sekolah umum, sesuai kejuruan masing-masing. Misal otomotif, jaringan komputer dan lain sebagainya.

Honda, juga mengakomodir siswa SMK untuk terus mengembangkan kemapuan di bidang otomotif, terutama spesifik di teknik sepeda motor. Yaitu dengan membuat gelaran Technical Skill Contest SMK, sebagai wujud Corporate Social Responsibility Honda kepada masyarakat. Peserta TSC SMK ini, berasal dari SMK TBSM Honda yang disaring dari seluruh kota Indonesia. Pada tahun ini Technical Skill Contest SMK merupakan pelaksanaan ke-9 sejak di selenggarakan pertama kali pada tahun 2010.

PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) , selaku bagian dari jaringan Honda, juga turut ambil bagian. Dari 91 SMK telah menandatangani MoU dengan PT  MPM , sejumlah 204 siswa menjadi peserta Technical Skill Contest SMK dengan mengikuti seleksi regional terlebih dahulu.  Siswa SMK TBSM Honda yang lolos seleksi regional akan mewakili MPM pada Technical Skill Contest SMK 2018 pada tanggal 16 – 17 Oktober 2018. 

Sebelumnya Seleksi peserta dilakukan oleh sekolah masing–masing pada bulan Desember 2017. Setelah terpilih sekolah mengirimkan 3 siswa terbaiknya pada seleksi regional. Seleksi regional diadakan di 5 kota yaitu Malang , Kediri , Banyuwangi , Bojonegoro dan Madiun.  Dimasing – masing kota tempat seleksi tersebut diambil 3 juara yang akan mengikuti seleksi regional Jawa Timur. 18 peserta yang telah lolos mengikuti seleksi regional Jawa Timur yang diadakan pada tanggal 22 Maret 2018 bertempat di MPM Learning Centre Sedati Sidoarjo ini terpilih 5 peserta . Dari 5 peserta tersebut akan di pilih 4 peserta yang akan mewakili MPM pada seleksi nasional.

Pembekalan ke 5 peserta yang lolos seleksi regional Jawa Timur diberikan oleh sekolah mengenai materi pemantapan 2017. Selanjutnya peserta menjalani tahap evaluasi pertama yang dilakukan oleh MPM pada tanggal 16 sampai 21 April 2018. Dan pada pembekalan ke 2 dilakukan test psikologi bagi para peserta. Dari hasil evaluasi pertama dan ke 2 terpilih 4 peserta yaitu Mochamad Hadi Fahmi dari SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi, Syahroni dari SMK Negeri 1 Bendo Magetan, Mohammad Asrofi dari SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen dan Feri Dwi Indra Setiawan dari SMKN. 1 Baureno Bojonegoro.

Pembekalan pada ke 4 peserta dilakukan mulai tanggal 12 september sampai 11 oktober 2018 di MPM Learning Centre Sidoarjo. Peserta di berikan pembekalan mengenai praktek meja dan trouble shooting.

Sistem penilaian kontes ini yaitu ujian teori 20% , ujian praktik meja 40% dan ujian trouble shooting 40%. Penilaian kontes SMK ini ditekankan pada pengetahuan siswa mengenai sepeda motor Honda dan prosedur praktik yang harus sesuai dengan ketentuan atau standar yang ada di bengkel resmi Honda (AHASS). Juga menekankan prosedur pengerjaan dan hasilnya, jadi tidak fokus pada hasil semata.

“Dengan program pembinaan SMK TBSM Honda ini harapan semua stakeholder agar siswa mempunyai kompetensi yang sesuai dengan industri dan langsung siap masuk dunia kerja akan tercapai” kata Satyo Prahnowo selaku Technical Service Division Head MPM

Sementara, ujaran peserta beraneka ragam.   “Persiapan menghadapi lomba yaitu dengan mempelajari materi chasis, engine dan kelistrikan. Harapannya dapat memenangkan kompetisi ini.” ujar Mohammad Asrofi dari SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. ” Persiapannya yaitu mempelajari mengenai materi praktek dan teori serta mempersiapkan mental dalam menghadapi kompetisi ini. Harapannya semoga dapat memenangkan kompetisi ini. ” kata Syahroni dari SMK Negeri 1 Bendo Magetan ” Persiapannya mengikuti kompetisi ini dengan belajar mengenai teori dan praktek . Harapannya bisa menjadi juara pada kompetisi ini.” kata Feri Dwi Indra Setiawan dari SMKN. 1 Baureno Bojonegoro. ” Persiapannya dengan belajar agar dapat menguasai teori , praktek dan trouble shooting.Harapannya dapat menjadi juara di kontes nasional 2018 ini. ” Kata Mochamad Hadi Fahmi dari SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi,

Mantap memang semangat anak-anak muda ini. Semoga sukses ya, dan mampu meriah prestasi membanggakan. terlebih, ilmu dna kemampuan ini merupakan bekal saat lulus sekolah hingga bisa menciptakan lapangan kerja.

Semoga berguna

Advertisements

One comment on “MPM Kirim 4 Perwakilan pada gelaran Technical Skill Contest SMK TBSM Honda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s